Muslim di Bristol Luncurkan Kursus Daring, Berbagi Pengetahuan Seputar Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Kamis 03 Mar 2022 03:55 WIB

Ramadhan Foto: ist Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BRISTOL -- Ramadhan merupakan hal yang dikenal sebagai bulan paling suci dalam satu tahun kalender Islam. Di saat itu, umat Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam.

Menurut perhitungan ilmiah, Ramadhan kemungkinan dimulai tahun ini pada 2 April. Tetapi hal itu tergantung pada penampakan bulan dan kehadiran bulan sabit pertama bulan baru.

Baca Juga

Banyak orang tertarik untuk mengambil bagian dalam bulan suci, di mana umat Islam memulai puasa saat matahari terbit sampai mereka membatalkannya. Hal-hal seperti ini menarik perhatian bagi beberapa orang yang ingin mempelajari Islam dan puasa.

Sheikh Bilal Brown, salah satu pendiri New Beginnings, berupaya menawarkan ruang aman bagi mereka yang mencari lingkungan bebas penilaian untuk lebih memahami prinsip-prinsip dasar Islam. Mereka bisa saja orang yang baru masuk Islam atau Mualaf, maupun sedang mempertimbangkan dan mempelajari lebih mendalam.

Dengan waktu Ramadhan yang semakin dekat, New Beginnings telah mengumumkan di halaman Facebook miliknya terkait peluncuran kursus 'Preparing for Ramadhan', yang akan dimulai pada 28 Maret. Adanya kelas ini untuk memberikan kesempatan membagikan pemahaman dasar praktik terbaik Ramadhan.

Dilansir di Bristol Post, Rabu (2/3/2022), peserta sebelumnya yang mengikuti kelas ini berasal dari beberapa bagian Inggris, termasuk Bristol, bahkan mendapatkan jangkauan global. Bilal secara khusus melayani kelasnya yang berlangsung daring secara gratis. Dengan konsep daring ini, kelas ini bisa diikuti oleh segala usia dan latar belakang secara langsung.

Ia pun berharap kursus-kursus ini akan membantu membangun ruang yang aman bagi siapa saja yang ingin menjalankan puasa untuk pertama kalinya, atau mereka yang membutuhkan penyegaran sederhana, merasa berdaya dan siap menghadapi bulan yang akan datang.

“Kami memulai Preparing for Ramadhan dari tahun lalu. Banyak pengguna layanan kami menyebut ini menjadi puasa pertamanya. Itu sebabnya kami mengadakan kelas untuk mendemonstrasikan makna Ramadhan dan hukum puasa, yang terpenting bagaimana memaksimalkan manfaat spiritual Ramadhan," ujarnya.