Rabu 02 Mar 2022 17:31 WIB

Ini Perbedaan Batsuit yang Dipakai Robert Pattinson Dibandingkan Batman Lainnya

Sang sutradara menggunakan Batsuit dengan versi yang autentik dan membumi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Perbedaan batsuit yang dipakai Robert Pattinson. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Perbedaan batsuit yang dipakai Robert Pattinson. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sosok superhero Batman telah dimainkan oleh beberapa aktor di antaranya Adam West, Michael Keaton, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, Ben Affleck, dan sekarang Robert Pattinson. Semua aktor ini telah membawa versi Dark Knight dan versi Batsuit mereka sendiri. 

The Batsuit adalah bagian integral untuk memaku karakter sedemikian rupa, sehingga penggemar dapat menerima terjemahan dari buku komik ke layar. Di sisi lain, perancang kostum mendapatkan sedikit lisensi kreatif dengan pekerjaan mereka di produksi lain. Adaptasi setelan buku komik harus berjalan di garis tipis ke versi film yang realistis, antara menerjemahkan warna-warna cerah dengan setelan komik yang tidak praktis.

Baca Juga

Dengan perilisan film The Batman yang datang ke bioskop pekan ini, penggemar mendapatkan versi lain dari Batsuit untuk memanjakan mata mereka. Dari trailer dan gambar yang dirilis, penggemar dapat melihat bahwa pandangan Pattinson tentang Batman tidak hanya berbeda dalam penggambaran tetapi juga dalam penampilan fisik. 

Apa perbedaan kostum Dave Crossman dan konsep seniman Glyn Dillon? “Saya langsung merasa sangat berbeda. Itu benar-benar mengalir. Itu dirancang dengan sangat baik, begitu diartikulasikan pada semuanya. Itu agak mengejutkan,” ujar Pattinson dilansir di Looper, Rabu (2/3/2022).

Lalu apa perbedaan terbesar antara Pattin-suit, dan Batsuits lainnya? Pengemar Batman mungkin mengingat bahwa Michael Keaton memutar seluruh tubuhnya 90 derajat untuk sekedar melakukan tugas sederhana, yakni menoleh ke kiri. Sekeren apa pun Batsuit, gerakan tidak pernah menjadi prioritas utama bagi para desainer kostum.

Pada setelan yang dikenakan Robert Pattinson di The Batman, sebuah kerah dapat ditemukan di bagian atas jubah di sekitar leher. Meskipun ini mungkin terlihat aneh bagi penggemar komiknya, kerahnya itu tetap memberikan perlindungan di sekitar area lehernya sambil tetap memberikan kebebasan bergerak yang dia butuhkan.

Pattinson juga membahas bagaimana kenyamanannya dalam setelan itu mengubah beberapa pertempuran dalam film. “Itu juga menjadi bumerang bagi saya. Dalam penyesuaian kostum, saya melakukan banyak adegan jungkir balik dan semacamnya, dan kemudian mereka menambahkan semua itu ke dalam adegan pertarungan," kata Pattinson.

Sutradara The Batman, Matt Reeves, telah menghapus semua romansa Batman untuk filmnya. Dia berusaha untuk membawa karakter autentik ke layar.

Lewatlah sudah pahlawan Gotham, yang mungkin tidak bekerja sama dengan orang lain pada masa depan. Apa yang ditinggalkan Reeves kepada kita adalah kenyataan brutal dari seorang pria dengan hati hancur, yang berjuang untuk kehidupan kota setiap malam.

“Rasanya seperti hal yang benar-benar baru. Ini terlihat seperti baju besi tentara di semacam alam semesta paralel yang aneh, di mana kita harus memakai telinga kecil di atas kepala kita juga,” kata dia. 

Ini memberi penonton kesan luar tentang gejolak batin yang dihadapi Batman. Dia dipukuli, dipatahkan, dan dikenakan pertempuran, seperti jiwanya.

Selama adegan pengejaran dengan Oswald Cobblepot/The Penguin (Colin Farrell), Batman bisa membalik mobil Cobblepot. Saat judul di akhir trailer, dapat terlihat tonjolan di kaki Batman.

Batsuit ini dibuat untuk bertempur. Matt Reeves menanggalkan estetika dan romansa dari setelan itu, menggunakan Batsuit dengan versi yang autentik dan membumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement