Kamis 03 Mar 2022 01:00 WIB

5 Makanan yang Cocok Disantap Lansia yang Sudah Ompong

Lansia yang sudah ompong berisiko kekurangan nutrisi kalau kurang asupan makanan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Senam lansia (ilustrasi). Ada beragam pilihan makanan yang mudah diasup lansia yang sudah ompong.
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Senam lansia (ilustrasi). Ada beragam pilihan makanan yang mudah diasup lansia yang sudah ompong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah kehilangan gigi sangat umum terjadi di antara kelompok lansia. Selain menyebabkan kesulitan berbicara, ompong juga bisa menyebabkan proses mengunyah makanan menjadi lebih sulit.

Ahli gizi dari India, d Archana Batra, mengungkapkan bahwa secara umum, makanan lunak disarankan untuk lansia. Itu dapat membantu mengatasi kesulitan yang mereka hadapi saat mengunyah atau menelan makanan.

Baca Juga

"Sekitar 45 persen orang lanjut usia telah kehilangan beberapa gigi asli mereka," kata dr Batra, seperti dilansir The Indian Express, Rabu (2/3/2022).

Dr Batra menyebut, kesulitan saat mengunyah atau menelan dapat membuat lansia cenderung mengalami kekurangan nutrisi dan penurunan berat badan. Lalu apa saja makanan lunak yang cocok untuk orang tua yang sudah ompong? Berikut makanan yang direkomendasikan oleh dr Batra.

 

1. Produk susu atau hewani

Produk susu termasuk makanan lunak dan mudah dikonsumsi. Keju cottage, yoghurt, krim keju, susu kental dan kering, dan lainnya adalah makanan lunak yang membutuhkan sedikit atau tanpa usaha saat mengunyah.

Beberapa produk hewani seperti telur orak-arik dan fillet ikan, sangat lunak dan empuk ketika dimakan. Jika dimasak dengan benar, makanan itu dapat dikonsumsi dengan baik dengan nutrisi kaya protein.

2. Biji-bijian yang kukus

Biji-bijian dan lentil mungkin tampak keras dan sulit dikunyah. Akan tetapi, jika direbus atau dimasak dengan air ekstra, itu bisa menjadi makanan lembut seperti sup yang kaya protein dan mudah dikonsumsi.

3. Sup berkalori tinggi

Menyajikan sup dengan jumlah kalori yang baik bisa menjadi alternatif yang bermanfaat untuk makanan kering yang renyah. Selain mudah dikonsumsi, sup juga bisa mengisi kekurangan nutrisi. Ini bisa termasuk sup tomat, sup ubi jalar dan miju-miju, sup asparagus, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement