Rabu 02 Mar 2022 09:31 WIB

Universal Pictures Hentikan Pengiriman Film ke Bioskop Rusia

Disney, Warner Bros., Sony, dan Paramount sebelumnya menghentikan rilis film di Rusia

Red: Nur Aini
Pemandangan alun-alun setelah penembakan gedung Balai Kota di Kharkiv, Ukraina, Selasa, 1 Maret 2022. Rusia pada Selasa meningkatkan penembakan di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menghantam sasaran sipil di sana.
Foto: AP/Pavel Dorogoy
Pemandangan alun-alun setelah penembakan gedung Balai Kota di Kharkiv, Ukraina, Selasa, 1 Maret 2022. Rusia pada Selasa meningkatkan penembakan di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menghantam sasaran sipil di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD -- Universal Pictures adalah studio Hollywood terbaru yang menghentikan pengiriman filmnya ke bioskop Rusia. Perusahaan itu bergabung dengan Disney, Warner Bros., Sony, dan Paramount dalam menarik rilis mereka setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Menanggapi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, Universal Pictures telah menghentikan rilis bioskop yang direncanakan di Rusia," kata juru bicara Universal dalam sebuah pernyataan dilansir The Hollywood Reporter, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga

Universal awalnya akan merilis animasi "The Bad Guys" di Rusia pada 24 Maret dan "Ambulance" karya Michael Bay yang menyusul pada 7 April. "The Bad Guys" adalah produksi DreamWorks Animation dan pengisi suara Sam Rockwell, Marc Maron, Craig Robinson, Anthony Ramos, dan Awkwafina. "Ambulance" dibintangi Jake Gyllenhaal dan Yahya Abdul-Mateen II sebagai perampok bank yang setelah terjadi pencurian, menyita ambulans dan menyandera pengemudi dan penumpang.

Disney memulai gelombang aksinya pada hari Senin (28/2/2022) dengan mengatakan akan menarik rilisnya dari Rusia, termasuk "Turning Red" Pixar. Warners dan Sony dengan cepat mengikutinya dalam beberapa jam, sementara Paramount membuat pengumuman sendiri Selasa (1/3/2022) pagi.

Warners mungkin yang paling dirugikan, dengan "The Batman" harus ditarik dari studio mana pun di Rusia. Langkah ini diambil hanya beberapa hari sebelum tanggal rilisnya.Pada Ahad (27/2/2022), studio telah merencanakan untuk tetap berpegang teguh pada tanggal "The Batman". Proyek terkenal lainnya yang tidak lagi ditetapkan untuk rilis di Rusia termasuk "Sonic the Hedgehog 2" dari Paramount dan film Jared Leto dari Marvel dan Sony, "Morbius".

Studio-studio besar menarik film mereka mengikuti langkah akhir pekan oleh Uni Eropa untuk melarang Rusia dari sistem pesan antarbank global SWIFT. Tanpa SWIFT, studio mungkin tidak bisa mendapatkan uang kembali dari mitra distribusi Rusia mereka.

Baca juga: 

Meksiko Menolak Jatuhkan Sanksi kepada Rusia atas Invasi di Ukraina

Harga Gas Elpiji 3 Kg di Wilayah Cirebon dan Sekitarnya Melejit

Miliarder Rusia Kembali Tolak Perang di Ukraina

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement