Selasa 01 Mar 2022 21:02 WIB

Tidur dengan Mulut Diplester, Amankah Secara Medis?

Tidur dengan mulut diplester disebut bisa atasi dengkuran dan perbaiki tidur.

Tidur dengan mulut diplester disebut bisa atasi dengkuran dan perbaiki tidur.
Foto: Pixabay
Tidur dengan mulut diplester disebut bisa atasi dengkuran dan perbaiki tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mouth taping atau istilah untuk menutup mulut dengan plester telah dilakukan banyak orang. Hal itu dipercaya untuk mengatasi dengkuran dan memperbaiki tidur. 

Cara tersebut juga viral di TikTok karena dianggap membuat tidur nyenyak. Akun pelatih kebugaran @lexfiish mengunggah banyak video bagaimana ia melakukan mouth taping.

Akun yang punya lebih dari 4,5 juta views itu menampilkan bagaimana dia menempelkan selotip khusus di mulutnya sebelum tidur. Unggahannya mendapat banyaj komentar setuju. Tetapi sebenarnya bagaimana kebiasaan tersebut dilihat secara medis?

Dengan menutup mulut pada malam hari menggunakan selotip khusus yang aman untuk kulit, orang yang bernapas melalui mulut dipaksa untuk bernapas melalui hidung. Kita secara alami dirancang untuk bernapas melalui hidung, menurut para ahli medis. Pernapasan hidung menghasilkan sesuatu yang disebut oksida nitrat.

"Nitric oxide adalah sesuatu yang menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah Anda. Jika Anda melebarkan pembuluh darah, itu akan membantu hal-hal seperti hipertensi, yang merupakan faktor risiko stroke dan penyakit jantung. Dan itu meningkatkan sirkulasi," kata Dr Rajkumar Dasgupta, seorang spesialis paru dan tidur, seperti dilansir dari Cnet, Selasa (1/3/2022).

Ada beberapa manfaat penting dari bernapas melalui hidung, seperti mencegah sinus mengering, membantu menyaring alergen, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah dan memberi napas serta kesehatan mulut yang lebih baik.

Bernapas melalui mulut juga tidak buruk. Namun, itu bukan cara yang paling sehat atau paling efektif. Ini juga dapat memiliki beberapa efek samping jangka panjang yang cukup serius. Karena pernapasan mulut dapat menyebabkan konsentrasi oksigen rendah dalam darah, berkontribusi pada masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

Bernapas melalui mulut juga dapat menyebabkan keausan dan patah tulang, karies, dan gigi impaksi. Pernapasan mulut juga memiliki tingkat gingivitis dan halitosis yang lebih tinggi.

 

Tetapi apakah plester mulut berfungsi?

Ahli masih belum mengetahui keefektifan plester mulut untuk tidur. Tidak banyak penelitian klinis tentang praktik ini. Namun, ada bukti anekdotal bahwa orang mencobanya dan berhasil. Lauren Forbes, misalnya, mengaku mendapat manfaat setelah mempraktikkan video viral itu. 

“Dulu saya bernafas melalui mulut tetapi melatih diri saya sendiri untuk hanya bernafas melalui hidung. Ini sangat jauh lebih sehat karena banyak alasan,” kata dia.

Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk mengatakan apakah plester mulut benar-benar membantu tidur lebih nyenyak. Sebuah studi percontohan 2015 menemukan bahwa patch oral dapat membantu orang dengan sleep apnea. Studi ini hanya melibatkan 30 peserta, ukuran sampel yang terlalu kecil untuk menarik kesimpulan yang signifikan. Studi lain pada tahun 2009 menemukan bahwa plester mulut tidak efektif untuk penderita asma.

Memplester mulut harus selalu dilakukan dengan hati-hati. Ini tidak aman untuk semua orang, yaitu mereka yang kesulitan bernapas melalui hidung. Jangan mencoba menutup mulut jika kesulitan bernapas dari hidung karena hal-hal seperti alergi atau septum yang menyimpang. Merekatkan mulut dapat menghambat kemampuan untuk bernapas secara konsisten dan penuh.

Jika ingin mencoba tren ini, sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter untuk memastikan bahwa itu aman, dan perhatikan panduan tertentu. Hanya gunakan selotip yang aman untuk kulit, beritahu dokter jika mendengkur, pertimbangkan obat alergi, ubah posisi tidur atau buat rutinitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement