Selasa 01 Mar 2022 17:51 WIB

Berbagi Bike Watumejo 2022, Olahraga Sambil Lestarikan Lingkungan

Tujuan diselenggarakan acara ini ingin mengajak masyarakat hidup sehat

Berbagi Bike Watumejo 2022 : Hybrid Charity Bike for Mangrove Conservation sukses digelar pada 27 Februari 2022. Hingga 100 peserta mengikuti kegiatan ini baik secara ofline maupun Online. Kegiatan ini terselenggara sekaligus untuk memperingati HUT Kabupaten Pacitan ke 27 tahun.
Foto: istimewa
Berbagi Bike Watumejo 2022 : Hybrid Charity Bike for Mangrove Conservation sukses digelar pada 27 Februari 2022. Hingga 100 peserta mengikuti kegiatan ini baik secara ofline maupun Online. Kegiatan ini terselenggara sekaligus untuk memperingati HUT Kabupaten Pacitan ke 27 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN--Berbagi Bike Watumejo 2022 : Hybrid Charity Bike for Mangrove Conservation sukses digelar pada 27 Februari 2022. Hingga 100 peserta mengikuti kegiatan ini baik secara ofline maupun Online. Kegiatan ini terselenggara sekaligus untuk memperingati HUT Kabupaten Pacitan ke 27 tahun. 

“Tujuan diselenggarakan acara ini adalah kita ingin mengajak masyarakat hidup sehat dan melestarikan lingkungan dengan menanam mangrove, sekaligus mengenalkan kepada masyarakat megenai Watumejo Mangroove Park yang merupakan wilayah Binaan Rumah Zakat,” kata Listanto, Network Area Division Head Rumah Zakat

Baca Juga

Untuk Kegiatan Bersepeda secara offline di gelar di wilayah Desa Berdaya yaitu Mangroove Park Watumejo, yang merupakan Desa Tangguh Pesisir yang dibina oleh Rumah Zakat. Program Desa Tangguh Pesisir berbasiskan lingkungan, yaitu dengan memperbaiki habitat mangrove yang fungsinya sebagai vegetasi alam dalam menahan ombak dan Tsunami. 

Disisi lain, Rumah Zakat mendampingi masyarakatnya terkait kesiapsiagaan bencana yang meliputi penggunaan tas siaga di skala keluarga, pembuatan peta evakuasi, pengenalan arah jalur evakuasi, pertolongan pertama gawat darurat hingga legalisasi dokumen ketangguhan desa yang melibatkan semua elemen masyarakat Desa Kembang. Tidak hanya itu, sektor ekonomi masyarakat juga didukung  untuk memajukan komoditi lokal, antara lain budidaya bandeng, udang vaname dan makanan olahan lainnya yang dihasilkan dari desa.

 

Dalam acara ini juga hadir, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pacitan, Andi Faliandra yang memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini "Berterimakasih kepada Rumah Zakat telah mengembangkan beberapa sektor baik secara fisik dan moriil di Kabupaten Pacitan, kita doakan semoga Rumah Zakat terus hadir menumbuhkan semangat masayarakat ditengah pandemi ini, semoga acara ini berjalan dengan sukses" ujar Andi dalam sambutannya.

Selain Bersepeda dengan rute pemandangan asri yang memanjakan mata, para peserta yang hadir secara offline diajak untuk langsung menanam mangrove, menikmati kelapa muda dan sajian tradisional watumejo serta menikmati berbagai destinasi wisata di sekitar Watumejo Mangroove Park. "Ini merupakan kegiatan yang luarbiasa, mudahan mudahanan dengan kegiatan ini dapat memambangkitkan semangat tengah pandemi. Serta dapat membangitkan perekenomoian daerah pacitan bersama Rumah Zakat," kata Listanto.

Kegitan ini terselenggara atas dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah Kabupaten Pacitan, Majaya, Poligon, Zis Indosat dan media partner yang turut hadir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement