Selasa 01 Mar 2022 13:08 WIB

Cara Buat Postingan Pribadi di Instagram dan Twitter

Semua postingan Anda memiliki dua pilihan yakni publik atau pribadi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram dan Twitter memiliki pengaturan privasi yang mirip untuk postingan. Di kedua layanan ini, semua postingan Anda memiliki dua pilihan yakni publik atau pribadi.

Secara umum, untuk profil dan posting Anda, jika Anda memilih pengaturan 'publik' maka siapa pun dapat membuka halaman Instagram atau Twitter Anda dan melihat semua kiriman Anda.

Baca Juga

Dilansir dari Popular Science, Selasa (1/3/2022), orang lain tidak harus menjadi teman Anda atau terhubung dengan Anda di situs ini untuk melihat kiriman publik Anda. Bahkan, mereka tidak harus berada di Instagram atau Twitter sama sekali, orang lain hanya membutuhkan browser web.

photo
Cara mengatur akun instagram menjadi private - (popular science)
 

Jika Anda ingin menyembunyikan kiriman Anda di jaringan ini dari dunia yang lebih luas, Anda perlu menjadikan seluruh akun Anda menjadi pribadi atau private.

Di Twitter di browser web, caranya yakni ketuk Lainnya, Pengaturan, dan privasi, Privasi dan keamanan, Pemirsa dan penandaan, juga centang kotak di samping Lindungi Tweet Anda.

Untuk membuat akun menjadi private, di Instagram caranya yakni ketuk gambar profil Anda di aplikasi, lalu tombol menu (tiga baris) di kanan atas, diikuti oleh Pengaturan dan Privasi. Terakhir, nyalakan toggle switch di sebelah Akun Pribadi.

Jika akun anda privat, tidak ada yang bisa melihat tweet atau kiriman Instagram Anda kecuali Anda secara khusus menyetujuinya sebagai teman. Dan jika Anda beralih dari akun publik ke akun pribadi, semua teman Anda yang ada akan secara otomatis disetujui selama proses berlangsung.

Pelru diingat pengaturan ini bisa menganggu beberapa fungsi jaringan. Misalnya, Anda tidak dapat me-retweet tweet pribadi.

Ada beberapa pengecualian sebelumnya, dan itu adalah fitur Teman Dekat Instagram dan Twitter yang memungkinkan Anda memilih siapa yang dapat membalas tweet Anda. Yang pertama adalah yang paling fokus pada privasi, karena itu membuat posting Instagram Story Anda (yang hanya bertahan selama 24 jam) tidak terlihat oleh siapapun yang tidak ada dalam daftar yang dikuratori. Untuk membuat daftar Teman Dekat, buka profil Instagram Anda, ketuk tombol menu (tiga baris), lalu Teman Dekat untuk mulai memilih pengikut untuk daftar Anda.

Kemudian, saat Anda ingin memposting sesuatu ke Story yang hanya dilihat oleh orang tersebut, pilih Teman Dekat dari bagian bawah layar, bukan Story Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement