Selasa 01 Mar 2022 10:20 WIB

Volvo Tangguhkan Pengiriman Mobil ke Rusia

Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apa pun ke pasar Rusia

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Mobil Volvo di pameran Auto China 2012. Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apa pun ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut.
Foto: Jason Lee/Reuters
Mobil Volvo di pameran Auto China 2012. Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apa pun ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Produsen mobil Swedia Volvo Cars pada Senin (28/2/2022) waktu setempat mengatakan akan menangguhkan pengiriman mobil ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut. Keputusan itu diambil menyusul sanksi atas invasi Moskow ke Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan melalui email, sebagaimana dilaporkan Reuters, perusahaan mengatakan telah membuat keputusan karena potensi risiko yang terkait dengan materi perdagangan dengan Rusia, termasuk sanksi yang dikenakan oleh UE dan AS. "Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apa pun ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata perusahaan itu.

Baca Juga

Seorang juru bicara Volvo mengatakan produsen mobil mengekspor kendaraan ke Rusia dari pabrik di Swedia, China, dan Amerika Serikat. Volvo menjual sekitar 9.000 mobil di Rusia pada tahun 2021, berdasarkan data industri.

Sebelumnya, pembuat truk Swedia AB Volvo mengatakan telah menghentikan semua produksi dan penjualannya di Rusia karena krisis Ukraina. Pembuat truk Jerman Daimler Truck juga akan membekukan kegiatan bisnisnya di Rusia dengan segera, termasuk kerja sama dengan pembuat truk Rusia Kamaz. Pekan lalu beberapa perusahaan, termasuk Volkswagen dan Renault serta pembuat ban Nokian Tires, menguraikan rencana untuk menutup atau mengalihkan operasi manufaktur menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement