Senin 28 Feb 2022 19:46 WIB

Geser Djokovic, Medvedev Bertengger di Peringkat Satu ATP

Medvedev jadi orang Rusia ketiga setelah Yevgeny Kafelnikov-Marat Safin di no 1 ATP.

Petenis Daniil Medvedev dari Rusia berhasil menggeser posisi bintang tenis Serbia Novac Djokovic dari puncak ATP, Senin (28/2/2022).
Foto: AP Photo/Hamish Blair
Petenis Daniil Medvedev dari Rusia berhasil menggeser posisi bintang tenis Serbia Novac Djokovic dari puncak ATP, Senin (28/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daniil Medvedev resmi menjadi petenis ke-27 yang mencapai peringkat satu ATP pada Senin (28/2/2022). Petenis Rusia itu mengumpulkan 8.615 poin, menyalip raihan petenis Serbia Novak Djokovic dengan 8.465 poin.

Djokovic telah memegang posisi teratas itu selama 361 pekan. Itu adalah rekor paling lama untuk tenis putra.

Baca Juga

"Tentu saja saya senang mencapai nomor satu. Itu tujuan saya sejak saya masih muda dan terutama tujuan saya belakangan ini," kata Medvedev dalam laman resmi ATP, Senin (28/2/2022).

"Saya mendapat banyak pesan dari banyak orang dan dari petenis lain dan saya cuma ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan besarnya."

Medvedev adalah petenis pertama di luar "Big Four", yakni Djokovic, Roger Federer, Rafael Nadal, dan Andy Murray yang memegang posisi teratas dalam 18 tahun. Ia mencapai posisi itu tiga pekan dan enam hari sejak Andy Roddick melakukannya pada 1 Februari 2004.

Terakhir kali ada nama baru untuk posisi teratas lebih dari lima tahun lalu ketika Murray menduduki peringkat satu dunia pada 7 November 2016. Medvedev adalah orang Rusia ketiga yang mencapai prestasi tersebut setelah Yevgeny Kafelnikov dan Marat Safin.

Kafelnikov menghabiskan enam pekan di puncak peringkat ATP dan Safin berada pada posisi teratas selama sembilan pekan. Medvedev yang bertinggi badan 198cm adalah petenis tertinggi yang mendapatkan kehormatan tersebut dalam sejarah ATP Rankings.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement