Senin 28 Feb 2022 10:49 WIB

Hikmah Isra Miraj, Ustadz Jeje: Ilmu dan Kehidupan Sangatlah Luas

Ada fenomena dan kehidupan lain yang tidak terbatas dan di luar panca indra manusia.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), Ustaz Jeje Zaenudin.
Foto: Dok Istimewa
Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis), Ustaz Jeje Zaenudin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pengembangan Seni Budaya dan Peradaban Islam, Ustaz Jeje Zaenudin, menyampaikan, hikmah dari peristiwa Isra Miraj agar kaum Muslim tidak terperosok kepada keterbatasan wawasan ilmu dan pengalaman hidup yang hanya diperoleh dari peristiwa serta fenomena dunia materi di bumi saja. Sebab ilmu dan kehidupan sangatlah luas.

"Ada fenomena dan kehidupan lain yang tidak terbatas dan di luar panca indra manusia. Itulah pengalaman Isra Miraj Rasulullah SAW," kata Ustaz Jeje melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Senin (28/2/2022)

Baca Juga

Ustaz Jeje menjelaskan, keterbatasan ilmu, wawasan, dan pengalaman manusia di dunia menyebabkan manusia berpikir sempit, mudah putus asa, dan dikuasai oleh kesedihan. Dengan wawasan dan berpikir luas, maka akan menjadi luas juga harapan atas nikmat karunia Allah SWT.

Ia menegaskan, tidak ada yang sulit dan berat bagi Allah untuk mengubah segala situasi dan kondisi yang sedang dijalani hamba-hambanya.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Waketum PP Persis) ini juga berpesan dan mengajak umat Islam untuk menjadikan peristiwa ini sebagai momentum kesadaran atas ke-Maha Besaran Allah. "Dengan menjaga dan memelihara kewajiban sholat lima waktu sebagai salah satu hasil yang dibawa Nabi Muhammad SAW dari peristiwa Isra Miraj tersebut,” ujar Ustaz Jeje.

Sebagaimana diketahui, Hari Libur Nasional memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW jatuh pada Senin, 28 Februari 2022. Isra Miraj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Yaitu perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dan dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Peristiwa Isra Miraj ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Karena pada peristiwa inilah Rasulullah SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement