Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Final Piala Carabao, Chelsea 0-0 Liverpool 

Senin 28 Feb 2022 01:57 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita

Romelu Lukaku dari Chelsea saat pertandingan final Piala Carabao Inggris antara Chelsea FC dan Liverpool FC di Stadion Wembley di London, Inggris, Senin (28/2/2022) dini hari WIB.

Romelu Lukaku dari Chelsea saat pertandingan final Piala Carabao Inggris antara Chelsea FC dan Liverpool FC di Stadion Wembley di London, Inggris, Senin (28/2/2022) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Masih tidak ada gol pada separuh pertama perpanjangan waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea dan Liverpool bermain sengit di final Piala Carabao 2022 di Stadion Wembley, Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Kedua tim masing-masing mendapati gol mereka dianulir oleh wasit. Masih tidak ada gol pada separuh pertama perpanjangan waktu. 

Ini adalah final besar ketiga yang diperebutkan oleh Chelsea dan Liverpool, dengan The Blues memenangkan dua pertemuan sebelumnya di Piala Liga 2005 dan final Piala FA 2012. Tuan rumah langsung memberikan tekanan ke area pertahanan Liverpool sejak pertandingan dimulai. 

Baca Juga

Chelsea membuat dua perubahan dari kemenangan kandang 2-0 mereka atas Lille di Liga Champions tengah pekan. Chalobah menggantikan Andreas Christensen di bek tengah, sementara Mount menggantikan Ziyech di sayap. 

Pada menit keenam, Chelsea hampir memimpin kedudukan ketika Havertz mengarahkan umpan terobosan langsung ke jalur Pulisic yang menembak lurus ke arah Kelleher. Bola kembali ke Alonso yang melepaskan tembakan dari luar kotak tapi meleset. 

Liverpool memiliki peluang di menit ke-17, Mane mendapat umpan terobosan dari Alexander-Arnold di tengah kotak penalti. Namun sundulan dari penyerang Senegal itu masih meleset dari sasaran. Mane seharusnya bisa mengarahkan tepat ke gawang untuk menguji Mendy. 

Pada menit ke-34, tembakan Fabinho dari luar kotak berhasil diblokir oleh Kelleher yang keluar dengan cepat dari posisinya untuk memblokir tembakan Fabinho yang mengarah ke gawang. Liverpool lebih mendominasi permainan tapi masih kesulitan untuk menciptakan peluang gol. 

Hingga menit ke-42 Chelsea masih mengandalkan serangan-serangan balik until mendapatkan peluang mereka. Mount yang berlari ke kotak penalti untuk mendapatkan umpan menyudut dari Havertz tapi tembakannya masih melebar. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. 

Pada babak kedua, Mount mendapatkan peluang emas setelah ia lolos dari jebakan offside di menit ke-49. Ia berdiri bebas untuk melepaskan tembakan ke sudut kanan bawah gawang Kelleher. Namun, tendangannya masih membentur tiang. 

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-67. Matip berhasil menjebloskan bola ke gawang saat menerima umpan dari Mane dengan tandukannya. Namun, VAR menunjukkan Van Dijk sudah berada dalam posisi offside dalam prosesnya. 

Drama terjadi dalam pertandingan ini. Chelsea juga mendapati gol mereka dianulir oleh wasit di menit ke-78. Werner berhasil menandukkan bola ke gawang saat dia menerima umpan dari Kovacic. Namun, hakim garis sudah mengangkat bendera lebih dulu. 

Kedua tim bermain sama-sama kuat dengan saling jual beli serangan sepanjang waktu, namun tidak ada gol di 90 menit waktu normal. Wasit memberikan tambahan waktu enam menit. Chelsea mendapat peluang terakhir tapi gagal, skor masih imbang 0-0 pada waktu normal. 

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Chelsea kembali mendapati gol mereka dianulir di menit ke-98. Kali ini gol dari Lukaku setelah memanfaatkan umpan dari Chalobah harus dibatalkan karena Lukaku tertangkap offside. Masih tidak ada gol di paruh pertama. 

Susunan pemain kedua tim: 

Chelsea (3-4-3): Edouard Mendy; Trevoh Chalobah, Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta (c), N'Golo Kante, Mateo Kovacic, Marcos Alonso; Mason Mount, Kai Havertz, Christian Pulisic. 

Liverpool (4-3-3): Caoimhin Kelleher; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson (c), Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA