Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Bolehkah Mencuci Rambut Setiap Hari?

Senin 28 Feb 2022 02:04 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

 Bolehkah mencuci rambut setiao hari? (ilustrasi).

Bolehkah mencuci rambut setiao hari? (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Seberapa sering Anda harus mencuci rambut sangat tergantung pada sampo yang dipakai.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki jenis rambut dan kulit yang berbeda. Rambut seseorang mungkin lebih cepat berminyak dibandingkan orang lain. Namun, mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan dehidrasi, kerusakan, dan membatasi pertumbuhan rambut.

Baca Juga

Jadi, apakah boleh mencuci rambut setiap hari? Apoteker di Chemist Click for Mira Showers, Abbas Kanani, mengatakan seberapa sering Anda harus mencuci rambut sangat tergantung pada sampo apa yang Anda gunakan, jenis rambut yang Anda miliki, dan berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit kepala Anda. Anda juga harus mempertimbangkan seberapa keras air Anda karena mencuci rambut secara teratur dengan air keras dapat menyebabkan kulit kepala gatal.

Kebanyakan orang di Inggris mengatakan mereka bisa pergi dua sampai tiga hari tanpa mencuci rambut mereka. Tapi apakah ini hal yang benar untuk dilakukan? Berikut adalah empat aturan mencuci rambut:

Apa tipe rambutmu?

Wanita harus mencuci rambut mereka setiap satu sampai dua hari jika mereka memiliki kulit kepala berminyak. Orang dengan rambut tipis atau lurus juga perlu keramas setiap hari atau dua hari sekali karena jenis rambut ini tidak memiliki tekstur dan minyak mudah terlapisi pada helai rambut.

"Mencuci rambut Anda setiap dua hingga tiga hari tidak masalah," menurut Kanani seperti dikutip dari laman Express.co.uk, Ahad (27/2/2022).

Jika Anda memiliki rambut afro, Anda harus mencuci rambut sekitar satu atau dua kali sepekan karena jenis rambut ini membutuhkan minyak untuk menjaga rambut tetap lembut, keriting dan mencegah kerusakan dan kekeringan.

Cuci rambut sesuai kebutuhan

Kanani mengatakan keramas rambut secara sering tidak akan menyebabkan kebotakan. Dua hingga empat kali sepekan adalah yang dianjurkan untuk pria. Namun jika Anda menggunakan produk rambut, ini dapat menyumbat pori-pori dan mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan. "Kekurangan minyak dapat mengeringkan dan merusak rambut,” ujarnya.

Jika rambut Anda berminyak setelah satu hari, cucilah. Jika tidak, Anda dapat memperpanjang hari mencuci rambut lebih jauh.

Jika Anda memiliki ketombe, temukan keseimbangannya

Jika Anda sering mengalami ketombe, seberapa sering Anda mencuci rambut merupakan tindakan penyeimbang. "Sering mencuci cenderung membuat ketombe lebih buruk. Namun, tidak cukup sering keramas bisa menyebabkan kulit kepala gatal, yang juga bisa memperburuk ketombe," kata dia.

Sarannya adalah menggunakan sampo antiketombe obat dua hingga tiga kali sepekan dan bilas rambut Anda dengan air dua hingga tiga hari sepekab untuk menghilangkan serpihan.

Jika Anda ingin memanjangkan rambut, jangan panik

Rambut Anda tumbuh rata-rata sekitar setengah inci sebulan, dan sangat sedikit yang Anda lakukan akan mengubahnya. “Frekuensi Anda mencuci rambut tidak akan berdampak pada pertumbuhan rambut Anda," ujarnya.

Satu-satunya manfaat tambahan adalah panas yang ditarik ke kepala, yang dapat membantu merangsang pertumbuhan dari folikel, tapi ini dapat dilakukan tanpa mandi. Namun, keramas yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda.

Semakin banyak rambut Anda patah dan terbelah, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mencapai surai penuh, panjang dan tebal impian Anda. “Berinvestasi dalam sampo hipoalergenik atau alami dan filter mandi (untuk mengurangi kadar klorin dalam air) akan membantu." ujarnya.

Anda harus sering memijat kulit kepala Anda. Menggunakan sisir lembut untuk melakukan ini. Menghindari panas dari pelurus dan pengering rambut, karena ini juga dapat merusak folikel rambut.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA