Ahad 27 Feb 2022 22:52 WIB

Kemenag Kepri Usul Penerbangan Umrah Langsung dari Batam

Rata-rata warga di daerah itu memang lebih memilih berangkat melalui Singapura.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah calon jamaah umrah (ilustrasi). Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Riau mengusulkan Bandara Hang Nadim Batam membuka jalur penerbangan langsung ibadah umrah ke Arab Saudi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah calon jamaah umrah (ilustrasi). Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Riau mengusulkan Bandara Hang Nadim Batam membuka jalur penerbangan langsung ibadah umrah ke Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Kanwil Kementerian Agama Kepulauan Riau mengusulkan Bandara Hang Nadim Batam membuka jalur penerbangan langsung ibadah umrah ke Arab Saudi. Hal ini agar warga setempat tidak lagi berangkat dari Singapura dengan alasan biaya relatif murah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kepri Afrizal mengatakan, rata-rata warga di daerah itu memang lebih memilih berangkat melalui Singapura. Karena selain biaya penerbangan yang lebih murah, letak geografis antar kedua wilayah juga lebih dekat dibanding warga harus berangkat melalui Jakarta.

Baca Juga

"Selisih biaya yang dikeluarkan cukup besar, jamaah umrah Kepri berangkat dari Singapura dibanding Jakarta, bisa hemat uang sekitar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta," kata Afrizal di Tanjungpinang, Ahad (27/2/2022).

Pihaknya sudah mengusulkan ke Wali Kota Batam, Pengelola Bandara Hang Nadim Batam, Gubernur Kepri bahkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dapat merealisasikan penerbangan langsung untuk jamaah umrah dari Batam ke Arab Saudi. Menurutnya pihak-pihak terkait menyambut baik usulan tersebut, namun realisasinya tetap menunggu keputusan resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku pihak yang mengurus transportasi di Indonesia.

"Tinggal menunggu surat keputusan Kemenhub saja, kalau yang lainnya tak masalah," ujar dia.

Jika hal itu terwujud, lanjutnya, tentu dapat meningkatkan perputaran uang di Kepri khususnya Batam, karena akan lebih baik jemaah Umrah membelanjakan uang mereka di dalam negeri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dibanding harus membelanjakannya di negeri jiran Singapura. "Kalau biaya penerbangan mahal sedikit dari Singapura tidak apa-apa, misalkan selisih Rp 1 juta. Asalkan, warga Kepri bisa berangkat umrah dari Batam," imbuhnya.

Afrizal juga menyampaikan beberapa kali penerbangan ibadah umrah dilakukan langsung dari Batam dan Tanjungpinang ke Arab Saudi, tapu penerbangan tersebut menggunakan charter flight oleh agen travel Umrah yang kebetulan berkantor pusat di dua daerah tersebut. "Jamaah tidak hanya asal Kepri, tapi ada dari Jambi hingga Aceh," ujar Afrizal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement