Senin 28 Feb 2022 00:14 WIB

Empat Negara yang Sebaiknya Dihindari Sementara Menurut CDC

CDC menambahkan empat negara lagi ke kategori tujuan perjalanan yang dihindari.

Rep: Desy Susilawati/Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
CDC menambahkan empat negara lagi ke kategori tujuan perjalanan yang sebaiknya dihindari. (ilustrasi)
Foto: Alex PlavevskiEPA-EFE
CDC menambahkan empat negara lagi ke kategori tujuan perjalanan yang sebaiknya dihindari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Covid-19 sempat menurun di beberapa negara. Hal tersebut membuat sebagian orang abai terhadap protokol kesehatan.

Kasus Covid-19 pun kembali meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 belum selesai.

Baca Juga

Penggunaan masker masih dianjurkan baik oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS maupun Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (TSA). Mereka terus mengamanatkan agar masker dipakai di bandara dan di pesawat.

Dilansir di laman The Point Guy pada Ahad (27/2/2022), virus corona tetap menjadi perhatian utama secara global. Bahkan CDC menambahkan empat negara lagi ke kategori tujuan perjalanan yang sebaiknya dihindari. Negara-negara terbaru yang terkena peringatan level empat adalah Bhutan, Brunei, Iran, dan Malaysia.

CDC mengklasifikasi negara-negata tersebut sebagai level empat. Ini adalah risiko sangat tinggi untuk infeksi Covid-19 saat ini.

Ada beberapa optimisme hati-hati yang bisa diperoleh dari pembaruan mingguan CDC. Ini adalah jumlah negara paling sedikit yang naik ke kategori level empat dalam sepekan tahun ini. Sejak 1 Januari, lusinan negara dan wilayah telah ditambahkan ke daftar, terutama karena meningkatnya kasus terkait varian omicron.

Menurut situs web resmi CDC, klasifikasi level empat berarti pelancong harus menghindari perjalanan ke tujuan ini. Jika Anda harus bepergian ke tujuan tersebut, pastikan Anda telah divaksinasi lengkap sebelum bepergian.

Negara dan wilayah dikategorikan sebagai level empat ketika 500 atau lebih kasus Covid-19 baru per 100 ribu orang terdeteksi selama 28 hari terakhir.

CDC memiliki empat tingkat rekomendasi perjalanan, mulai dari risiko rendah dan naik ke sedang, tinggi, dan akhirnya peringatan terkuatnya, sangat tinggi. Peringkat tersebut dirancang untuk membantu orang Amerika menavigasi perjalanan selama pandemi, terutama sekarang pada saat tingkat kasus sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Badan kesehatan masyarakat terus merekomendasikan semua pelancong untuk divaksinasi sepenuhnya sebelum mengunjungi tujuan asing mana pun.

Dengan pembaruan terbaru, sekarang ada lebih banyak negara dan wilayah di level empat dibandingkan gabungan semua kategori CDC lainnya.

Peringatan perjalanannya yang paling parah, telah bertambah hingga mencakup lebih dari setengah negara dan wilayah di planet ini. Tepatnya, ada 140 negara yang diimbau warga Amerika untuk tidak bepergian saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement