Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Guardiola: Kemenangan Atas Everton Sangat Penting

Ahad 27 Feb 2022 07:41 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Manajer Josep Guardiola dari Manchester City.

Manajer Josep Guardiola dari Manchester City.

Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Ia merasa tendangan bebas Foden hanya sebuah hadiah dari penampilan yang berani.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengeklaim kemenangan 1-0 atas Everton sebagai kemenangan yang berdampak signifikan musim ini. Gol kemenangan Phil Foden membuat City memperlebar jarak menjadi enam poin dari tim peringkat kedua Liverpool.

Guardiola memuji bagaimana cara lawan membatas permainan City. Ia merasa tendangan bebas Foden hanya sebuah hadiah dari penampilan yang berani. Oleh karena itu kemenangan tersebut sangat penting bagi City.

Baca Juga

“Babak kedua jauh lebih baik untuk konsekuensi babak pertama. Kami memindahkan mereka dan menyerang lebih baik. Goodison Park bagi kami selalu sangat sulit. (Itu adalah) kemenangan yang bagus, satu langkah lagi. Secara umum, kami mengendalikan di babak kedua, kami memiliki peluang, tidak banyak karena itu tidak mungkin tetapi babak kedua jauh lebih baik,” kata Guardiola usai pertandingan dikutip dari laman resmi klub.

Everton telah memenangkan setiap pertandingan kandang sejak Frank Lampard ditunjuk sebagai pelatih pada Januari. Dukungan suporter tuan rumah mendorong City harus mengeluarkan seluruh kemampuannya terutama pada 45 menit pertama.

Kendati demikian Guardiola senang bagaimana pasukannya melewati tantangan tersebut. Pelatih asal Spanyol tersebut meminta anak asuhnya tetap bersabar. Ia menegaskan bangga atas kinerja yang ditunjukkan City.

"Ketika lawan memutuskan striker akan menandai gelandang bertahan, sulit menemukan ruang. Tetapi di babak pertama saya berkata kepada orang-orang 'Anda baik-baik saja dan bersabarlah dan pada saat yang tepat kami akan menemukan solusinya’,” ujar Guardiola.

Guardiola mengatakan para pemain City melakukan segalanya untuk menang. Dan sebagai pelatih, Guardiola harus berada di samping pemain agar bisa memenangkan pertandingan.

Guardiola menambahkan City bermain dengan cara tertentu. Ketika kiper Everton Jordan Pickford tampil bagus maka Guardiola meminta pemainnya bersabar dan terus mencoba mencetak gol hingga akhirnya gol tersebut datang dari Foden.

“Kami sedang mencari. Kami mencoba dan kami ada di sana. Kami mendapatkan keberuntungan,” katanya.

Kemenangan tersebut, kata Guardiola, membuat gelar Liga Inggris masih ada di genggamannya. Tetapi ia berharap City tampil konsisten meskipun ia menyadari dalam sepakbola pasti ada kalah dan menang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA