Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

10 Nasihat Luqman untuk Anaknya yang Diabadikan dalam Alquran

Ahad 27 Feb 2022 03:38 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Alquran. Luqman kerap memberikan nasihat bijak kepada anak-anaknya

Ilustrasi Alquran. Luqman kerap memberikan nasihat bijak kepada anak-anaknya

Foto: pxhere
Luqman kerap memberikan nasihat bijak kepada anak-anaknya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Luqman merupakan sosok saleh yang karena kebijaksanaan dan kesalehannya, Allah SWT  membuat derajatnya tinggi meskipun bukan dari golongan nabi. 

Kebijaksanaan kata-kata Luqman bahkan diabadikan dalam Alquran Surat Luqman yang patut diikuti manusia hingga kini.

Baca Juga

Kata-kata bijak Luqman ini setidaknya terangkum dalam 10 pesan Luqman saat menasihati anaknya. Adapun nasihat-nasihat tersebut adalah:

-Peringatan dari dosa syirik 

Pesan Luqman kepada anaknya untuk tidak menyekutukan Allah SWT dengan apapun merupakan nasihat paling utama. Menurutnya, syirik adalah kezaliman yang besar. 

Zalim adalah menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Adapun syirik adalah menyamakan Dzat Tuhan Pencipta yang Maha Memberi kenikmatan dengan makhluk yang tidak mampu memberi kenikmatan, bahkan tidak bisa berbuat apa-apa 

- Perintah berbuat baik kepada orang tua  

Pesan penting lain dari Luqman adalah perintah untuk berbakti kepada orang tua, terutama kepada ibu. Ibu yang mengandung, menyusui dan merawat anak dengan berbagai kesulitan yang dirasakannya. 

- Bersyukur kepada Allah SWT dan orang tua 

Sudah selayaknya manusia bersyukur dengan nikmat yang diberikan kepada Allah SWT. Selain bersyukur kepada Allah, seorang anak juga harus bersyukur atau berterimakasih kepada orang tua atas usaha mereka dalam membesarkan dan mendidik dirinya sejak kecil  

- Menaati Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya  

Luqman juga berpesan agar menaati perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Digambarkan bahwa jika orang tua menyuruh kepada kebathilan, maka yang didahulukan adalah aturan Allah SWT ketimbang perintah orang tua. 

- Mendirikan sholat 

Mendirikan sholat adalah berupaya khusuk dalam melaksanakannya dengan memenuhi semua syarat dan rukunnya. 

- Amar maruf nahi mungkar

Sosok bijak itu juga berpesan agar mengajak manusia kepada jalan Allah SWT dengan cara menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran. 

- Sabar atas apa yang menimpa

Sifat sabar merupakan sifat seorang mukmin, baik sabar atas musibah yang menimpanya hingga sabar dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

- Larangan takabur

Sombong bukanlah sifat seorang yang beriman kepada Allah SWT. Sifat ini bukan hanya dibenci Tuhan, tapi juga dibenci manusia. 

- Perintah tawadhu

Seorang Muslim adalah orang yang sederhana atau menempatkan segala hal sesuai dengan kebutuhannya. Tawadhu adalah sifat yang disukai Allah SWT dan juga manusia  

- Menjaga adab berbicara

Bersosialisasi dengan baik kepada sesama adalah pesan penting yang dianjurkan Luqman. Terutama terkait adab berbicara. Luqman menyebut salah satu adab buruk dalam berbicara adalah meninggikan suara tanpa keperluan. Suara seperti ini bahkan digambarkan seperti suara keledai yang merengek.   

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA