Ahad 27 Feb 2022 01:05 WIB

Pandemi Diprediksi Berakhir, 5 Hal tentang Covid-19 Ini Tetap Harus Diwaspadai

Ahli menilai masih terlalu dini bagi masyarakat untuk bersikap santai.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ahli menilai masih terlalu dini bagi masyarakat untuk bersikap santai.
Foto: AP/Gregorio Borgia
Ahli menilai masih terlalu dini bagi masyarakat untuk bersikap santai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi pandemi Covid-19 saat ini mungkin tampak sudah lebih terkendali dibandingkan dua tahun lalu. Meski begitu, ahli menilai masih terlalu dini bagi masyarakat untuk bersikap santai.

Para ahli memprediksi bahwa Covid-19 akan beredar untuk waktu yang lama. Masyarakat dunia mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan SARS-CoV-2.

Baca Juga

Berkenaan dengan ini, ahli mengatakan ada lima hal seputar Covid-19 yang masih perlu diwaspadai. Berikut ini adalah kelima hal tersebut, seperti dilansir BBC, Sabtu (26/2/2022).

 

 

Varian Baru

Kemunculan varian baru merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Alasannya, virus SARS-CoV-2 terus bermutasi dan membentuk varian-varian baru.

Kemunculan varian baru sebenarnya tak selalu menjadi masalah. Masyarakat tak perlu khawatir setiap kali mutasi baru ditemukan.

Yang terpenting adalah memastikan bahwa diri sendiri telah memiliki proteksi yang baik. Salah satunya adalah proteksi yang didapatkan dari vaksinasi. Vaksin yang dirancang untuk menangkal strain original terbukti masih cukup efektif dalam menghadapi varian-varian baru yang muncul saat ini.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah menekan mutasi virus. Risiko mutasi selalu ada setiap kali virus memperbanyak diri. Mutasi ini bisa ditekan dengan cara mencegah terjadinya infeksi-infeksi baru dalam skala dunia.

 

Imunitas Menurun

Proteksi untuk mencegah penularan Covid-19 bisa menyusut dengan cepat. Akan tetapi, perlindungan untuk mencegah terjadinya sakit berat atau kematian akibat Covid-19 bisa berlangsung lebih lama.

Penurunan imunitas bisa memicu terjadinya gelombang baru pandemi Covid-19. Bila hal ini terjadi, berbagai fasilitas kesehatan akan kembali memikul beban yang besar.

Proteksi yang didapatkan dari vaksinasi bisa kembali diperkuat dengan pemberian booster. Di samping itu, penting juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement