Sabtu 26 Feb 2022 15:36 WIB

Long Covid Picu Gangguan Kesehatan Mental, Ini Cara Mengatasinya

Long Covid dianggap kronis saat dirasakan melalui gangguan kesehatan mental.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Long Covid dianggap kronis saat dirasakan melalui gangguan kesehatan mental.
Foto: Pixabay
Long Covid dianggap kronis saat dirasakan melalui gangguan kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Long Covid juga dikenal sebagai kondisi pasca-Covid, digambarkan sebagai berbagai gejala unik, berulang, atau berkelanjutan yang dialami dalam empat pekan atau lebih setelah terkena infeksi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Long Covid memiliki banyak gejala fisik, termasuk kelelahan, sesak napas, batuk, sakit kepala, dan perubahan indra penciuman atau perasa. Akan tetapi kondisi kronis juga bisa dirasakan melalui gangguan kesehatan mental.

Gejala Covid-19 neurologis seperti depresi, kecemasan, dan kabut otak berdampak pada kesehatan mental. Namun, kerugian psikologis dari gejala yang sedang berlangsung dan kurangnya jawaban konkret dapat meningkatkan risiko kesehatan mental. 

Baca Juga

"Kita dapat mengalami perasaan terisolasi yang intens dan kecemasan yang mendalam ketika mengalami ketidakpastian," kata S Anandavalli, PhD, asisten profesor dalam program Konseling Kesehatan Mental Klinis di Southern Oregon University. 

Paparan ketidakpastian yang berkepanjangan tentu saja dapat meningkatkan tingkat kecemasan, kewaspadaan berlebihan, dan hanya rasa khawatir kita secara umum. Banyak pasien long Covid, terutama mereka yang berada di gelombang pertama, melaporkan bahwa para profesional kesehatan mengabaikan atau meminimalkan gejala mereka. 

Beberapa pasien mengatakan mereka ditolak tes atau pengobatan, yang menyebabkan dampak kesehatan mental parah, termasuk gangguan stres pasca-trauma. Selain itu, pasien long Covid mungkin mengalami kemampuan, yang dapat memengaruhi kesehatan mental. 

"Ketika Anda dinonaktifkan, Anda harus menyesuaikan cara Anda beroperasi karena Anda tidak dapat melakukan hal-hal yang dapat Anda lakukan sebelumnya," kata Lauren Nichols, aktivis long Covid dan wakil presiden Body Politic, pusat sumber daya dan kelompok pendukung. 

Setiap gejala long Covid memiliki risiko kesehatan mental. Berikut beberapa saran terapis bagaimana mengelola implikasi kesehatan mental dari Covid yang berkepanjangan, seperti dilansir dari laman Well and Good, Sabtu (26/2/2022).

 

1. Jelajahi pilihan perawatan kesehatan mental

Psikoterapi, terapi perilaku kognitif (CBT), atau jenis intervensi berbasis bicara lainnya mungkin membantu siapa pun yang mengalami penyakit mental. Selain itu, Anda dapat bekerja dengan penyedia untuk menentukan apakah intervensi farmasi mungkin bermanfaat.

 

2. Bersandar pada sistem teman dan keluarga 

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mencintai dan mempercayai Anda. Menarik diri dari orang-orang dan menghabiskan waktu sendirian dapat meningkatkan kesepian, kemarahan, dan kesedihan dan mendistorsi pemikiran Anda. 

“Interaksi dengan orang lain membuat kita seimbang," kata Kristin Francis, MD, seorang psikiater di Institut Kesehatan Mental Huntsman. 

 

3. Jelajahi kelompok pendukung

Bergabung dalam komunitas untuk berbagi pengalaman bisa sedikitnya melegakan perasaan. "Mendengarkan cerita satu sama lain sekarang sangat penting," kata Dr Francis.

 

4. Istirahat sejenak

Biarkan diri untuk memperlambat, tidur, dan istirahat sebanyak yang dibutuhkan. “Kesadaran dan tindakan penerimaan perasaan Anda adalah langkah pertama untuk mengambil tindakan untuk memengaruhi situasi Anda," kata Dr Francis. 

Menepati jadwal, mempertahankan rutinitas, mempraktikkan latihan pernapasan dan relaksasi, menggerakkan tubuh, dan keluar, ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan lakukan untuk terus maju. Memutuskan hubungan dari berita dan berita negatif di TV dan media sosial juga akan membantu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement