Sabtu 26 Feb 2022 15:13 WIB

Dua Kapal di Pelabuhan Dekat Odessa Ditembak Rudal Rusia

Dua kapal di pelabuhan Odessa, Ukraina terkena rudal Rusia

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Dua kapal di pelabuhan Odessa, Ukraina terkena rudal Rusia pada Jumat (25/2/2022). Ilustrasi.
Foto: AP/Vadim Grishankin/Russian Defense Ministry
Dua kapal di pelabuhan Odessa, Ukraina terkena rudal Rusia pada Jumat (25/2/2022). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ODESSA - Dua kapal di pelabuhan Odessa, Ukraina terkena rudal Rusia pada Jumat (25/2/2022) waktu setempat. Pihak berwenang Ukraina mengatakan kapal perang Rusia menembaki satu kapal tanker kimia berbendera Moldova dan satu kapal kargo berbendera Panama yang memuat gandum di dekat pelabuhan Odessa di Laut Hitam.

Kementerian infrastruktur Ukraina menyebut kapal berbendera Moldova, Millennial Spirit, membawa 600 ton solar pada saat serangan dari kapal militer Rusia. Sebelumnya, badan angkatan laut Moldova mengatakan awak Millenial Spirit adalah orang Rusia dan dua dari mereka terluka parah.

Baca Juga

"Kami baru mendengar 10 menit yang lalu bahwa semua kru diselamatkan tetapi dua orang terluka parah dan sedang dalam perjalanan ke rumah sakit," kata badan AL Moldova.

Menurut kementerian Ukraina, kapal kargo Namura Queen juga terkena rudal Rusia pada Jumat. "Menurut informasi dari kontrol lalu lintas dan layanan dari Harbour Master pada pukul 12.55 di titik berlabuh No.358, sebuah roket menghantam buritan mv 'NAMURA QUEEN'," kata agen pelayaran Ukraina Stark Shipping yang berbasis di Odessa.

"Kapal yang berbendera Panama sedang menuju ke pelabuhan Pivdennyi (ex. Yuzhny) untuk memuat gandum. Terjadi kebakaran di kapal dan kapal tunda PO STAR bergerak untuk menyelamatkan. Situasi terkendali," kata pernyataan tersebut menambahkan.

Menurut pelacakan kapal Refinitiv Eiko, kapal tunda PO Star terlihat di samping Queen Namura sebelumnya. Pemilik kapal, Fayette Shipping, tidak menanggapi permintaan komentar melalui email.

Nikko Kisen terdaftar oleh situs web pelacakan kapal global Vessel Finder sebagai salah satu pemilik Namura Queen. Perusahaan pelayaran Jepang Nissen Kaiun, afiliasi dari Nikko Kisen, mengatakan sebuah kapal kargo telah ditabrak tetapi menolak memberikan informasi lebih lanjut.

Jumat malam, Otoritas Maritim Panama mendesak kapal-kapal untuk menjaga kewaspadaan maksimum dan meningkatkan kondisi keamanan di kapal ketika bergerak melalui perairan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam dan Laut Azov. Total sebanyak tiga kapal non-militer telah diserang sejak dimulainya invasi Rusia skala penuh ke Ukraina. Pada Kamis (24/2/2022), kapal kargo Yasa Jupiter milik Turki dihantam di lepas pantai Odessa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement