Sabtu 26 Feb 2022 14:54 WIB

Bahas Ide Tabir Surya Herbal, Mahasiswa UMM Juara Esai Tingkat Nasional

Tabir surya ini bisa menjadi solusi produk kosmetik yang lebih sehat

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nia Yuniar Fitriana Putri berhasil meraih juara dua esai tingkat nasional dalam kategori herbal kosmetik di ajang Festival Pharmacy yang diadakan oleh Universitas Setia Budi.
Foto: Dok. Humas UMM
Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nia Yuniar Fitriana Putri berhasil meraih juara dua esai tingkat nasional dalam kategori herbal kosmetik di ajang Festival Pharmacy yang diadakan oleh Universitas Setia Budi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nia Yuniar Fitriana Putri berhasil meraih juara dua esai tingkat nasional dalam kategori herbal kosmetik. Kemenangan ini diraih dalam ajang Festival Pharmacy yang diadakan oleh Universitas Setia Budi.

Pada ajang ini, Nia mengangkat judul “Kombinasi Ekstrak Daun Kemangi dan Buah Tomat sebagai Tabir Surya”. Pemilihan topik ini bermula dari keinginannya untuk mendalami lebih jauh terkait khasiat dua bahan tersebut. Hal ini terutama fungsinya dalam melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, juga dilatarbelakangi jumlah pengidap kanker kulit yang terus bertambah karena sering terkena sinar UV secara langsung.

Baca Juga

Menurut Nia, daun kemangi memiliki kandungan senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan. Sementara itu, tomat memiliki kandungan likopen, yang juga mengandung zat antioksidan. "Zat ini terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV serta mampu membuat kulit menjadi lebih sehat," kata Nia.

Jika zat likopen dan flavonoid ini dikombinasikan, tentu akan menghasilkan zat antioksidan tinggi. Hal ini berarti memiliki potensi untuk mampu melindungi kulit manusia.

Mahasiswa angkatan 2020 ini mengaku, ada kendala yang ia rasakan selama penyusunan esai. Salah satunya, jarangnya jurnal yang membahas terkait pemanfaatan daun kemangi dan tomat. Namun selama penulisan esai, ia banyak dibantu oleh kakak tingkat yang tergabung dalam grup belajar Hipotalamus.

Menurut Nia, grup belajar tersebut telah memberikan pengaruh banyak dan bantuan selama dia menysun esai. Ada beragam diskusi dan masukan diberikan sehingga dia bisa mendapat banyak perspektif. Nia dapat mengambil hal-hal yang bisa digunakan dalam esai agar apa yang ditulis menjadi lebih kaya sehingga dapat bersaing memperebutkan juara di lomba.

Perempuan asli Jombang tersebut berharap gagasan yang ia cetuskan ini bisa terealisasikan. Kemudian bisa dilanjutkan pada tahap penelitian lebih lanjut dengan penambahan-penambahan yang dibutuhkan. 

Selain itu, tabir surya ini bisa menjadi solusi produk kosmetik yang lebih sehat dengan bahan herbal dan bisa menggantikan kosmetik dari bahan sintetis. "Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam melindungi kulit, sehingga mengurangi pengidap kanker kulit,” ucap dia dalam pesan pers, Jumat (25/2/2022).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement