Sabtu 26 Feb 2022 14:13 WIB

Lumbung Sosial Disiapkan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Detail lokasi lumbung sosial diserahkan pemerintah daerah setempat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Petugas menyiapkan logistik di lumbung sosial Kementerian Sosial di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Ilustrasi)
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Petugas menyiapkan logistik di lumbung sosial Kementerian Sosial di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/1/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN BARAT- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini hari ini, Sabtu (26/2/2022) meninjau lokasi gempa di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar). Nagari ini salah satu wilayah terdampak parah gempa bermagnitudo 6,2 yang terjadi kemarin, Jumat (25/2/2022).

Dalam kunjungan ke lokasi bencana, Risma memantau kondisi rumah warga dan fasilitas umum yang roboh. Di tenda pengungsian, ia juga menyapa para warga yang terdampak hingga memberikan bantuan.

Baca Juga

Risma mengatakan pihaknya akan segera menyiapkan lumbung sosial yang menyediakan kebutuhan pokok bagi korban pascabencana. Titik lumbung sosial dikondisikan pemerintah daerah setempat.

"Ke depan kami akan siapkan lumbung sosial. Kenapa kami siapkan, agar masyarakat bisa mandiri jadi tidak tergantung, karena jarak lokasi warga jauh ke kantor bupati," kata Risma di posko pengungsian, Sabtu (26/2/2022).

Risma berharap dengan adanya lumbung sosial, masyarakat yang terdampak pascabencana bisa mandiri. Detail persiapan lumbung sosial ini diserahkan Risma ke pemerintah daerah setempat.

Di Nagari Kajai, Pasaman Barat, Risma juga membagikan sejumlah bantuan berupa tenda di setiap warga yang rumah tak layak huni. Tenda ini akan didirikan secara mandiri oleh warga.

"Nanti keluargalah yang memasang titiknya dimana. Kemudian kami bagikan makanan siap saji dan makanan anak, begitu peralatan bayi. Kami sedang kaji buat dapur umum," ujar Risma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement