Sabtu 26 Feb 2022 12:08 WIB

Lelang Brompton Wujudkan Masjid Indonesia Pertama di London

Sepeda Brompton yang akan dilelang merupakan sepeda yang hanya diproduksi satu kali

Sepeda Brompton yang akan dilelang merupakan sepeda yang hanya diproduksi satu kali.
Foto: IIC
Sepeda Brompton yang akan dilelang merupakan sepeda yang hanya diproduksi satu kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah 25 tahun menanti, impian masyarakat Indonesia miliki masjid di London Insya Allah akan segera terwujud. Sebuah Masjid Indonesia pertama yang ada di London itu akan menjadi rumah tempat masyarakat Indonesia bersilaturahim.

London merupakan kota besar di Inggris yang sering kali menjadi impian untuk banyak orang berkunjung. Termasuk para pendatang dari Indonesia yang setiap tahun selalu bertambah. Di antara mereka ada yang menimba ilmu, bekerja, ataupun menjadi diaspora lain dari Indonesia yang kini berada di London.

Baca Juga

“Sejak kedatangan saya di tahun 1981 sampai sekarang, saya melihat perkembangan umat muslim yang luar biasa di sini,” ujar Hamim Syaaf, salah satu diaspora Indonesia di London.

Indonesian Islamic Center (IIC) London sebagai sebuah yayasan yang telah terdaftar resmi di British Charity Commission berkomitmen untuk bisa membangun masjid Indonesia pertama di London. Berawal dari tahun 1995, keinginan IIC untuk memiliki masjid sebagai rumah bagi masyarakat Indonesia adalah impian yang tidak mudah. Selain izin mendirikan bangunan publik yang terbatas di London, harga properti di ibu kota Inggris ini pun tidak murah.

Dilansir laman globalpropertyguide.com, harga tanah dan properti di London per akhir 2021 adalah yang termahal kedua di dunia. Meskipun demikian, semangat itu tidak pernah padam. Atas Izin Allah serta doa dan dukungan dari berbagai pihak, memiliki Masjid Indonesia di London-UK pun Insya Allah segera terwujud.

Rencana Lokasi Masjid

Salah satu tantangan terbesar dalam membangun masjid di London adalah pemilihan lokasi. Mencari lokasi untuk digunakan sebagai bangunan publik memerlukan proses perizinan yang ketat.

“Ada lokasi dan bangunan yang sudah pas secara perizinan, tapi harga propertinya terlalu mahal. Sebaliknya, ada yang harganya sudah pas, tetapi ada kendala di perizinan,” tutur teman-teman IIC dalam suatu kesempatan.

Setelah melewati proses pencarian lokasi yang cukup panjang, sebuah properti di Clifford Way, London menjadi pilihan paling sesuai. Selain soal perizinan yang lebih mudah, harga serta bangunannya pun sesuai dengan yang diharapkan.

Lelang Sepeda Brompton

Impian memiliki masjid Indonesia pertama di London terdengar sampai Greenford, London, tempat kantor pusat Brompton berada. Lewat CEO-nya, Will Butler-Adams, produsen sepeda kualitas premium ini ingin melelang salah satu sepeda ekslusifnya untuk mendukung pembangunan masjid Indonesia di London.

Sepeda yang akan dilelang merupakan sepeda yang hanya diproduksi satu kali. Ya! Sahabat Inisiator yang tertarik untuk berdonasi lewat lelang sepeda ini akan mendapatkan satu unit sepeda Brompton ekslusif. Setelah itu, dana hasil lelang akan diserahkan untuk pembangunan masjid Indonesia di London.

Acara lelang akan diselenggarakan pada Ahad (27/2/2022) pukul 19.30 WIB atau pukul 12.30 waktu London. Nah, bagi sahabat Inisiator yang penasaran dengan lelang ini silakan melakukan registrasi di link ini untuk mengikuti acara. Sahabat inisiator juga dapat menyebarkan event lelang ini ke kerabat dan keluarga. Mari bersama kita bantu wujudkan masjid Indonesia pertama di Inggris. Terima kasih untuk inisiatif baik kalian. Untuk info lebih lanjut silahkan klik link https://solusipeduli.org/lelang/lelangbrompton-untukmasjidlondon/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement