Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Hamilton Bawa Mercedes Tercepat di Hari Penutup Tes Barcelona

Sabtu 26 Feb 2022 07:01 WIB

Red: Friska Yolandha

Pembalap Formula Satu (F1) dari tim Mercedes Lewis Hamilton pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Pembalap Formula Satu (F1) dari tim Mercedes Lewis Hamilton pada sesi tes pramusim di Barcelona.

Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
George Russell menegaskan kecepatan Mercedes di belakang Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewis Hamilton mencetak lap tercepat di hari terakhir tes pramusim di Barcelona yang diselingi lima insiden bendera merah pada Jumat (25/2/2022). Sedangkan, George Russell menegaskan kecepatan Mercedes di belakang rekan satu timnya itu.

Sang pebalap berusia 37 tahun asal Inggris menempati puncak catatan waktu hari terakhir tes setelah mencetak lap terbaik satu menit 19,138 detik dengan delapan menit tersisa sebelum finis. Itu membuat Hamilton 0,095 detik unggul dari kompatriot senegaranya Russell, yang catatan waktu terbaiknya diciptakan sebelum jeda makan siang.

Baca Juga

Hasil tersebut menandai performa kuat Mercedes di akhir tes pertama musim ini, menyusul dua hari pembuka yang landai, saat juara dunia konstruktor tersebut juga mencetak jarak terjauh dalam satu hari tes dengan melahap 160 lap di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

"Ini bukan upaya termudah ataupun termulus," kata Hamilton seperti dikutip Reuters.

"Kami tentunya memiliki sejumlah rintangan yang harus diatasi. Saya hampir melahap 100 lap hari ini, jadi untuk upaya setengah hari itu tidak terlalu buruk," kata juara dunia tujuh kali itu, yang mengambil alih tugas Russell setelah jeda makan siang dan mencetak 94 putaran atas namanya.

Pebalap Meksiko Sergio Perez, yang menggantikan tugas rekan satu timnya di Red Bull Max Verstappen pada siang hari, finis ketiga di depan juara dunia bertahan tersebut. Sebastian Vettel menempatkan Aston Martin di peringkat lima besar, berjarak 0,686 detik dari Hamilton, diikuti oleh duet Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz di P6 dan P7.

Pada sore hari sejumlah truk mengelilingi trek, menyiramkan air ke lintasan untuk memberi kesempatan tim menguji ban basah dan intermediate Pirelli 18 inci. Ferrari, yang mencetak lap paling banyak selama tiga hari tes, dan McLaren meninggalkan Barcelona dengan posisi yang kuat setelah Lando Norris dan Leclerc bergantian memimpin catatan waktu di dua hari pertama.

"Secara keseluruhan ini sesi tes yang solid bagi kami karena kami menyelesaikan banyak lap," kata direktur balap Ferrari Laurent Mekies.

"Ini langkah pertama dalam satu tahun yang panjang, kami ingin mendorong sekuat tenaga, bekerja bersama."

Hari terakhir tes menyaksikan bendera merah terbanyak saat Fernando Alonso, Guanyu Zhou, Pierre Gasly, dan Sebastian Vettel mendapati mobilnya berhenti di lintasan. Dari tim-tim tersebut, hanya Alfa Romeo yang kembali ke lintasan setelah jeda makan siang.

Haas menjalankan mobil VF-22 dengan livery putih polos setelah menghilangkan sponsor utama mereka, perusahaan pupuk kimia asal Rusia Uralkali, sementara Nikita Mazepin hanya menjalani sembilan putaran sebelum terganggu masalah kebocoran oli.

Tim dan pebalap menuju ke Bahrain untuk tiga hari tes pramusim lagi pada 10-12 Maret sebelum balapan pembuka di negara kerajaan itu pada 20 Maret.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA