Jumat 25 Feb 2022 23:44 WIB

Komunitas Ibu di Jawa Barat Deklarasikan Dukungan untuk Erick Thohir

Dukungan ini berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan di Priangan Timur.

Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Srikandi Erick Thohir (Si Eti) Priangan Timur, Jawa Barat melakukan deklarasi dukungan kepada Erick Thohir.
Foto: Dok. Rel
Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Srikandi Erick Thohir (Si Eti) Priangan Timur, Jawa Barat melakukan deklarasi dukungan kepada Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Srikandi Erick Thohir (Si Eti) Priangan Timur, Jawa Barat melakukan deklarasi dukungan kepada Erick Thohir untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Koordinator deklarasi ini Meirawati, mengatakan, dukungan ini berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan di Priangan Timur. Dengan beragam latar belakang, mulai dari aktivis perempuan, pelaku bisnis daring, kader penggerak, penggiat wanita tani, komunitas senam dan lain-lain, kompak mendukung Erick Thohir

Baca Juga

"Kami sepakat nanti Indonesia dipimpin orang yang peduli dan bisa membawa aspirasi kami, termasuk mempunyai semangat juang tinggi, santun, dan berpihak pada perempuan. Sosok yang tepat memimpin Indonesia ke depan adalah Erick Thohir," kata Meirawati, Jumat (25/2/2022).

Meirawati mengatakan, sosok Erick Thohir yang sekarang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan figur yang pro terhadap perempuan. Ini dibuktikan dengan Erick menunjuk para pemimpin perempuan untuk mengisi jabatan-jabatan tinggi di BUMN. Seperti Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko PT Pupuk Indonesia, Direktur Operasional PT Jasa Raharja, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Peruri (Perum Percetakan Uang Republik Indonesia), Direktur PT Telkom Indonesia, Direktur Manajemen SDM PLN, Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Direktur Keuangan PT Pertamina, Direktur Bisnis Konsumer BRI, Direktur Utama PT Sarinah, serta masih banyak para pimpinan perempuan dalam jajaran direksi dan komisaris BUMN lainnya. 

Erick menargetkan porsi pemimpin perempuan di BUMN harus terus meningkat hingga 25% pada 2023. Erick bahkan telah memberi kesempatan dan mengarahkan calon pemimpin masa depan dari generasi muda perempuan Indonesia, seperti saat beliau memilih perempuan milenial berprestasi untuk mengisi pengalaman menggantikan posisinya sebagai Menteri BUMN selama sehari melalui program "Girls Take Over" 2021 bersama Srikandi BUMN Indonesia

Senada dengan itu, satu di antara para deklarator “Si ETI”, Harti, juga yakin bahwa Erick Thohir dapat memberi perubahan, terutama pada sektor ekonomi. 

”Kalau ibu-ibu, doanya semoga bisa nurunin harga, terutama sembako. Intinya bisa bantu mengurangi beban hidup masyarakat,” kata dia.

Dalam perekonomian, program Erick Thohir selama ini dinilai peduli terhadap kaum perempuan. Seperti di antaranya program BUMN Mekaar yang khusus untuk membantu ibu-ibu atau perempuan Indonesia memajukan usahanya dan sampai bisa punya karyawan. Program Mekaar Erick sampai saat ini telah merangkul 12,7 juta nasabah dari seluruh Indonesia, dan membantu usaha ibu-ibu bertahan selama masa pandemi hingga membuka lapangan kerja. Banyak program BUMN lainnya yang juga memperhatikan perempuan, terutama soal harga kebutuhan rumah tangga. 

"Oleh karenanya, kami akan mendukung penuh Erick Thohir untuk maju sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada 2024," kata Harti.

Harti berharap aksi dan dukungan serupa dilakukan oleh para ibu-ibu lainnya di mana pun berada, untuk jadikan Erick Thohir sebagai Presiden Indonesia pada 2024, demi tercapainya Indonesia yang maju, makmur, dan berdaulat hingga mendunia. “Kami yakin dan berharap, emak-emak di daerah lain melakukan dukungan dan sikap yang sama di daerah masing-masing, untuk mendukung Erick Thohir,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement