Jumat 25 Feb 2022 22:52 WIB

Mitos Seputar Jerawat yang Masih Banyak Dipercaya: Akibat Makan Kacang-Harus Dipencet

Banyak mitos seputar jerawat yang beredar di masyarakat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jerawat (ilustrasi). Salah satu mitos jerawat yang banyak dipercaya masyarakat ialah jerawat dapat diobati dengan produk skincare atau layanan facial di salon.
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi). Salah satu mitos jerawat yang banyak dipercaya masyarakat ialah jerawat dapat diobati dengan produk skincare atau layanan facial di salon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih banyak mitos seputar jerawat yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat. Dokter spesialis kulit dan kelamin Anthony Handoko menyoroti pentingnya edukasi supaya masyarakat mengetahui kebenarannya.

Anthony yang praktik di Klinik Pramudia, Jakarta menyampaikan salah satu mitos yang mengemuka, yakni bahwa jerawat hanya dialami selama masa remaja saja. Ada pendapat awam bahwa selain rentang usia itu seseorang tidak akan berjerawat.

Baca Juga

"Memang pada kebanyakan pasien, jerawat mulai timbul di masa puber karena perubahan atau ketidakseimbangan hormon, tapi jerawat juga bisa dialami orang dewasa, bahkan manula," ujar Anthony.

Pada webinar yang digelar Klinik Pramudia, Kamis (24/2/2022), Anthony membeberkan sejumlah mitos lain yang tidak benar. Ada anggapan jerawat hanya terjadi di daerah wajah atau hanya muncul saat perempuan menstruasi.

Mitos lain ialah jerawat harus dipencet dan dikeluarkan isinya agar tuntas. Terdapat juga pandangan bahwa jerawat dapat diobati dengan produk skincare atau layanan facial di salon.

Tidak sedikit orang yang menganggap munculnya jerawat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu. Misalnya kacang, makanan manis, hidangan laut, atau makanan berlemak. Menurut Anthony, itu tidak benar.

"Sebenarnya jerawat tidak berhubungan langsung dengan makanan yang dikonsumsi. Jerawat tidak seperti alergi makanan. Bukan hari ini makan kacang atau seafood lalu muncul jerawat," tuturnya.

Mitos lainnya yaitu tentang pengistilahan jerawat itu sendiri. Banyak yang melabeli bentuk jerawat tertentu sebagai jerawat batu, jerawat buntet, dan lain-lain yang sebenarnya tidak dikenal secara medis.

Dampak dari mitos dan mispersepsi tersebut, masyarakat berpotensi menangani jerawat dengan cara yang salah. Menurut Anthony, jerawat sudah semestinya ditangani secara medis, sebab jerawat masuk ke dalam kategori penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement