Sabtu 26 Feb 2022 00:02 WIB

Medvedev Raih Kemenangan Pertama Sebagai Peringkat Satu Dunia

Medvedev menyalip perolehan poin Djokovic

Rafael Nadal dari Spanyol bereaksi setelah memenangkan satu poin melawan Daniil Medvedev dari Rusia di final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, 30 Januari 2022.
Foto: AP/Andy Brownbill
Rafael Nadal dari Spanyol bereaksi setelah memenangkan satu poin melawan Daniil Medvedev dari Rusia di final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, 30 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, ACAPULCO — Daniil Medvedev mengawali statusnya sebagai petenis peringkat satu dunia dengan kemenangan atas Yoshihito Nishioka pada babak perempat final turnamen ATP Mexico Open di Acapulco, Jumat (25/2/2022)

Petenis Rusia berusia 26 tahun itu berada dalam emosi yang naik turun setelah mengetahui bahwa dirinya telah menggeser posisi Novak Djokovic dari posisi teratas ranking ATP usai kekalahan petenis Serbia itu dalam babak perempat final di Dubai.

Meski demikian, juara US Open 2021 itu tak terpengaruh dengan kabar tersebut saat bertanding melawan petenis Jepang Nishioka. Ia berhasil mengamankan satu tempat di semifinal untuk menghadapi Rafael Nadal dan mengulangi duel final Australian Open.

“Sebenarnya tidak mudah bagi saya untuk bertanding setelah mendapat (berita) tersebut hari ini,” kata Medvedev, Jumat (25/2/2022).

Djokovic sebelumnya terguling dari tahta posisi satu dunia setelah kekalahan dari petenis kualifikasi asal Ceko Jiri Vesely 6-4, 7-6 (7/4) di perempat final turnamen ATP di Dubai.

Medvedev mengaku bahwa ia mengetahui kekalahan yang dialami Djokovic, tetapi dia tak mau memikirkan hal itu terlalu jauh dan memilih fokus terhadap pertandingan.

“Sejujurnya, saya melihat dia kalah, tetapi saya tidak tahu apabila dia kalah maka saya akan naik ke posisi pertama,”

“Saya pikir saya harus melakukan sesuatu yang besar di sini…Tujuan utama saya adalah memenangi pertandingan hari ini karena saya ada di sini untuk memenangi setiap pertandingan. Tapi tentu saja kabar tersebut adalah kabar yang luar biasa.” ucapnya.

Medvedev menyalip perolehan poin Djokovic sehingga ia akan bertengger di peringkat satu dunia meskipun ranking ATP terkini belum dirilis secara resmi.

Dengan status petenis nomor satu dunia, Medvedev akan menjadi orang pertama selain Djokovic, Roger Federer, Rafael Nadal dan Andy Murray yang meraih peringkat teratas sejak 1 Februari 2004.

Ia juga akan menjadi petenis Rusia ketiga setelah Yevgeny Kafelnikov dan Marat Safin yang sukses bertengger di peringkat satu dunia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement