Jumat 25 Feb 2022 16:59 WIB

Facebook Aktifkan Fitur Keamanan Kunci Profil untuk Pengguna di Ukraina

Facebook aktifkan fitur kunci profil pengguna Ukraina yang khawatir pada keamanan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
 Gambar close-up yang menunjukkan aplikasi Facebook di iPhone di Kaarst, Jerman, 08 November 2017 (diterbitkan ulang 07 Januari 2021).
Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
Gambar close-up yang menunjukkan aplikasi Facebook di iPhone di Kaarst, Jerman, 08 November 2017 (diterbitkan ulang 07 Januari 2021).

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV – Di tengah pasukan Rusia yang menyerbu Ukraina, Facebook kembali mengaktifkan fitur kunci profil untuk pengguna di Ukraina yang khawatir pada privasi dan keamanan mereka. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengunci profil Facebook sehingga hanya teman yang dapat melihat kontennya. Mereka juga bisa memilih untuk membukanya kembali di kemudian hari.

Sebelumnya, fitur kunci profil aktif pada Agustus 2021 untuk pengguna yang berlokasi di Afghanistan. Fitur tersebut dirancang untuk membuat pengguna dapat mengamankan akun termasuk menyembunyikan gambar dan postingan profil, mencegah orang lain melihat konten atau melindungi konten yang dapat membahayakan pengguna.

Selain mengaktifkan fitur itu di Ukraina, Facebook telah menyiapkan Pusat Operasi Khusus yang memungkinkannya untuk memantau situasi negara dan merespons jika diperlukan.

Penguncian keamanan sekali ketuk

Dikutip Slash Gear, Jumat (25/2), fitur keamanan baru diumumkan dalam sebuah utas Twitter oleh Kepala Kebijakan Keamanan Facebook Nathaniel Gleicher. Dia menjelaskan ini merupakan fitur penguncian yang sama diaktifkan perusahaan di tengah gejolak Afghanistan tahun lalu. Dalam dokumen dukungan terpisah, perusahaan menjelaskan profil yang terkunci akan menampilkan lencana biru kecil dengan gambar kunci di dalamnya.

Pengunjung hanya akan melihat informasi dalam jumlah yang sangat terbatas ketika mereka melihat profil yang terkunci. Mengunci profil akan memicu Facebook untuk secara otomatis mengatur semua posting publik di akun menjadi pribadi. Selain itu, pengunjung hanya akan melihat sebagian dari informasi tentang akun. Namun, teman-teman pengguna tetap dapat melihat postingan dan konten lainnya, seperti Cerita, gambar sampul, dan profil ukuran penuh, dan lain-lain.

Mengaktifkan kunci profil Facebook

Siapa pun yang berada di Ukraina yang mengkhawatirkan keamanan daring mereka sekarang dapat mengaktifkan kunci dalam beberapa detik menggunakan beberapa ketukan. Gleicher menjelaskan pengguna harus mengetuk opsi “Lainnya” yang tercantum di bawah nama profil seseorang dalam aplikasi Facebook. Ini akan membuka menu “Pengaturan Profil.”

Kemudian pengguna dapat menggulir ke bawah melalui menu ini, temukan, lalu ketuk “Kunci Profil” untuk mengaktifkan perubahan keamanan. Pengguna perlu mengetuk sekali lagi untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengunci profil akun. Setelah itu pengunjung akan melihat pemberitahuan yang memberi tahu mereka bahwa hanya teman yang dapat melihat konten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement