Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Selain Lidah Mertua, Tanaman Hias Apa yang Bagus untuk Menjernihkan Udara di Rumah?

Jumat 25 Feb 2022 15:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Lidah mertua termasuk tanaman yang paling baik untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Perawatannya pun sangat mudah.

Lidah mertua termasuk tanaman yang paling baik untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Perawatannya pun sangat mudah.

Foto: Wikimedia
Tanaman hias juga ada yang bisa bantu jernihkan udara di dalam rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya sekadar mempercantik rumah, tanaman hias ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan psikologis. Seperti diungkap gardener dari Inggris, Bryony Willis, tanaman hias bisa meningkatkan suasana hati hingga membantu menjernihkan udara di dalam ruangan.

"Selain terlihat cantik, tanaman hias bisa mendukung kesehatan Anda, termasuk mengurangi masalah pernapasan yang disebabkan oleh kualitas udara yang buruk dalam ruangan," jelas Willis, seperti dilansir laman Express.co.uk, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga

Banyak orang tidak menyadari bahwa tingkat polusi di dalam ruangan sering kali lebih buruk daripada di luar ruangan. Polusi itu kemudian bisa memicu iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan, membuat sakit kepala, kelelahan, dan kulit kering.

"Tanaman dapat meningkatkan kualitas udara dengan menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap, termasuk benzena dan formaldehida dari udara," kata Willis.

Lalu, apa saja tanaman hias terbaik untuk menjernihkan udara di dalam rumah? Berikut tiga tanaman hias yang bisa menjernihkan udara dengan baik, menurut Willis.

1. Lidah mertua

Tanaman yang dikenal sebagai Sansevieria trifasciata ini dapat dibedakan dari karakter daun yang panjang seperti pedang dan garis-garis kuning. Menurut Willis, tanaman favoritnya ini merupakan salah satu yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas udara.

Tempat optimal untuk menjaga tanaman ini tetap segar adalah kamar tidur, karena mengambil CO2 pada malam hari. Tanaman lidah mertua juga bisa membantu menghilangkan benzena, formaldehida, trikloroetilen, dan xilena dari udara.

"Ini adalah salah satu tanaman hias yang paling kuat dan minim perawatan. Meskipun perlu disiram sesekali, umumnya dia lebih menyukai kondisi kering dan sedikit sinar matahari," jelas Willis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA