Jumat 25 Feb 2022 02:55 WIB

Tahan Imbang Lazio, Porto Melaju ke Babak 16 Besar

Porto menahan imbang Lazio di Stadio Olimpico, Jumat (25/2/2022) dini hari WIB.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pemain Porto merayakan gol ke gawang Lazio, Jumat (25/2/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE
Pemain Porto merayakan gol ke gawang Lazio, Jumat (25/2/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lazio tersingkir dari Liga Europa setelah imbang melawan Porto di leg kedua play-off babak 16 besar Liga Europa di Stadio Olimpico, Jumat (25/2/2022) dini hari WIB. Pertandingan berakhir 2-2, Porto berhak melaju ke babak selanjutnya dengan agregat 4-3.

Lazio bernafsu untuk mencetak gol sejak pertandingan dimulai mengingat mereka tertinggal agregat 1-2 dari leg pertama. Ciro Immobile mendapat peluang beruntun di depan gawang dan akhirnya berhasil memimpin setelah beberapa peluang belum membuahkan gol.

Peluang pertama adalah di menit ke-16 saat ia menerobos masuk sendirian ke area pertahanan Porto, namun sontekan kaki kirinya masih melebar tipis di sisi kanan tiang. Dua menit berselang, ia berhasil menceploskan bola ke gawang Porto tapi dianulir karena offside.

Lazio akhirnya memimpin di menit ke-19 setalah gol sah dari Immobile. Kali ini umpan didapat dari Milinkovic-Savic di sisi kanan dan lolos dari offside dengan penyelesaian maksimal ke tiang dekat. Tuan rumah pun memimpin 1-0.

Di menit ke-22 gol dari Lazio kembali dianulir. Anderson berhasil menceploskan bola ke gawang namun Immobile ternyata sudah offside lebih dulu dalam prosesnya. Lazio benar-benar agresif di separuh babak pertama ini.

Namun, tuan rumah justru harus dihukum penalti setalah VAR menunjukkan pelanggaran yang dilakukan oleh Milinkovic-Savic terhadap Taremi di kotak terlarang. Taremi yang mengeksekusi tendangan titik putih berhasil menyamakan kedudukan untuk Porto.

Lazio terus memberikan tekanan ke area pertahanan Porto di waktu yang tersisa. Namun, tambahan waktu lima menit tidak merubah apapun, kedua tim masih dengan kedudukan imbang 1-1 hingga turun minum.

Dua menit sejak babak kedua dimulai, Porto mendapat peluang emas di depan gawang saat Pepe Aquino menyambut umpan crossing Martinez dengan tandukannya ketika ia bebas tanpa penjagaan. Namun, tandukan Aquino di mulut gawang masih meleset dari sasaran.

Di menit ke-49, Lazio juga mendapat peluang emas saat Luis Alberto menerima umpan dari Milinkovic-Savic di tengah kotak penalti Porto. Namun, sontekan kaki kanannya masih meleset tipis di sebelah kanan gawang.

Sejak babak pertama Porto memang unggul dalam penguasa bola, lalu di babak kedua tim tuan bermain dengan organisasi yang lebih baik. Setelah beberapa peluang yang gagal, klub Portugal itu akhirnya berhasil membalikkan keadaan di menit ke-68.

Gol kedua Porto diciptakan oleh Uribe saat ia menerima umpan cungkil dari Taremi depan gawang. Uribe yang berdiri bebas tanpa penjagaan berhasil menceploskan bola ke gawang Lazio untuk merubah skor menjadi 2-1.

Lazio terus berjuang mengejar ketertinggalan mereka. Sejumlah peluang berhasil diciptakan Lazio. Hanya saja, keberuntungan lebih memihak kepada Porto setelah berbagai peluang emas di depan gawang Porto.

Lazio akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-90+4 melalui gol dari Cataldi saat ia menyambut bola rebound san mengarahkan bola ke sisi yang sudah ditinggalkan oleh Costa. Laga pun berakhir imbang 2-2, dan Porto yang berhak melaju ke babak selanjutnya.

Susunan pemain Lazio vs Porto

Lazio (4-3-3): T. Strakosha; A. Marusic, L. Felipe, Patric, S. Radu; S. Milinkovic-Savic, Lucas, L. Alberto; F. Anderson, C. Immobile, Pedro.

Pelatih: Maurizio Sarri

Porto (4-4-2): D. Costa; Z. Sanusi, Pepe, C. Mbemba, B. Costa; Gabriel Cossa, V. Ferreria, M. Uribe, Otavio; T. Martinez, M. Taremi.

Pelatih: Sergio Conceicao.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement