Senin 28 Feb 2022 07:26 WIB

5 Biaya Perawatan Kucing yang Harus Kamu Siapkan

Memelihara kucing memang menjadi hal yang menyenangkan

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Memelihara kucing
Memelihara kucing

Memelihara kucing memang menjadi hal yang menyenangkan karena kucing bisa kamu anggap sebagai teman atau boneka di rumah. Hampir sama dengan hewan peliharaan lainnya, kucing juga bisa membuat pemiliknya bahagia dan bebas stres. Kamu bisa mengajaknya bermain dan menikmati waktu santai di sela-sela kesibukanmu. 

Namun memiliki hewan peliharaan, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik,  mulai dari membeli makanan, vitamin, dan yang lainnya. Sebagai pemilik kucing,  pastikan kamu memperhitungkan biaya ini dengan baik  agar tidak mengganggu kondisi keuanganmu.

Berikut beberapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan kucing kesayanganmu.

 

1. Biaya Makanan

makanan kucing

Makanan kucing

Sama seperti kita, kucing juga membutuhkan makan setiap harinya. Makanan kucing harus disesuaikan dengan usianya. Kucing yang masih kecil biasanya akan diberi makanan dengan tekstur lunak dan mudah dicerna. Sementara kucing dewasa,  makanan bertekstur keras tentu akan lebih tepat. 

Misalnya: untuk seekor kucing dewasa dibutuhkan 2 kg makanan kering per bulannya, di mana harga 1 kg  sekitar Rp 60 ribuan. Berdasarkan asumsi tersebut,  kebutuhan untuk membeli makanan kucing setiap bulannya adalah sebesar Rp120 ribuan untuk setiap ekor kucing. 

Jika memiliki kucing lebih dari 1, maka biaya makanan tersebut tinggal disesuaikan saja. Selain itu, jenis makanan ini juga harus disesuaikan sesuai dengan jenis kucing itu sendiri.

Baca Juga: Kucing dan Anjing Bisa Tertular Virus Corona? Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Hewan Peliharaan

2. Biaya Kebersihan

Kucing juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan tidak mudah sakit. Jika ingin memandikan dan melakukan perawatan sendiri di rumah,  maka siapkan sisir dan juga shampo khusus untuk kucing. 

Produk kebersihan ini bisa kamu beli di petshop atau online dengan kisaran harga sekitar Rp50 ribuan sampai Rp200 ribuan. Namun jika ingin melakukan grooming di salon, setidaknya siapkan dana sekitar Rp50 ribuan sampai Rp 100 ribuan untuk setiap ekor kucing. 

Jika dibandingkan dengan kucing biasa,  perawatan kucing ras akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Bulunya yang lebat dan mudah kusut membuat kucing ras membutuhkan perawatan yang lebih rumit. Hal ini berlaku untuk semua kondisi, baik itu ketika melakukan perawatan sendiri di rumah maupun saat membawanya ke salon.  

3. Biaya Kandang dan Perlengkapan Lainnya

Membeli kandang juga menjadi kebutuhan tersendiri ketika kamu memiliki kucing. Biasanya satu kandang ukuran standar untuk 1 ekor kucing saja.  Artinya, jika memiliki 4 ekor kucing, maka harus menyiapkan 4 kandang sekaligus.

Kandang kucing ini biasanya dihargai mulai dari Rp 100 ribuan, tergantung dari bahan dan juga ukurannya. Jika ingin kandang yang ukurannya lebih besar dan bisa muat lebih dari satu kucing, kamu perlu menyiapkan uang mulai dari Rp500 ribu.

Selain itu, litter box kucing untuk tempat mereka buang air. Biasanya box ukuran standar dijual mulai dari Rp30 ribuan, sedangkan pasirnya sekitar Rp50 ribuan setiap bulannya. 

Pengeluaran untuk pembelian kandang dan litter box ini tentu hanya perlu dilakukan sekali saja di awal dan tidak perlu menjadi anggaran rutin, kecuali jika produk tersebut rusak. 

Baca Juga: 3 Produk Asuransi Terbaik untuk Hewan Peliharaan

4. Biaya Kesehatan

Kesehatan kucing

Kesehatan kucing

Kamu juga perlu menyiapkan biaya kesehatan untuk hewan peliharaan, termasuk untuk biaya vaksin dan juga sterilisasi. Selain itu, siapkan juga biaya tak terduga, jika sewaktu-waktu kucing tersebut sakit dan membutuhkan perawatan medis. 

Biaya steril biasanya sekitar Rp500 ribuan, tapi di beberapa tempat bisa saja menyediakan layanan sterilisasi gratis, jadi cek informasinya di kotamu. Vaksinasi pada kucing dilakukan rutin setiap tahun dengan biaya mulai dari Rp120 ribuan sampai Rp 200 ribuan. 

Untuk mengantisipasi biaya tak terduga jika sewaktu-waktu kucing sakit, kamu harus menyiapkan tabungan khusus untuk kebutuhan yang satu ini. 

5. Biaya Mainan dan Aksesoris

Kucing juga butuh mainan, agar mereka aktif dan tidak stres. Harga mainan ini sangat beragam,  namun belakangan ini banyak yang menjualnya dengan harga murah secara online. 

Selain mainan, membeli beberapa aksesoris juga tidak ada salahnya. Siapkan dana Rp50 ribuan untuk kebutuhan yang satu ini. Jika budget terbatas, membuat mainan dan aksesoris sendiri tentu bisa menjadi pilihan.

Atur Keuangan dengan Baik

Memelihara hewan peliharaan tentu akan membuat kamu memiliki sejumlah pengeluaran rutin setiap bulan untuk kebutuhan yang satu ini. Hal ini tidak salah, selama kamu bisa mengatur keuangan dengan baik. Siapkan dana  dalam jumlah yang memadai,  agar kamu bisa selalu merawat kucingmu dengan cara yang paling tepat.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Asuransi untuk Hewan Peliharaan, Benefit dan Cara Klaimnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement