Kamis 24 Feb 2022 22:55 WIB

Wirda Mansur Singgahi Deretan Kampus Ini, Ada Oxford Juga

Wirda Mansur tengah jadi perbincangan terkait status pendidikannya di Oxford

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Wirda Mansur
Wirda Mansur

VIVA – Wirda Mansur tengah jadi perbincangan terkait status pendidikannya yang cukup menghebohkan lantaran disebut pernah kuliah di perguruan tinggi populer di dunia, Oxford dan Buckingham di Inggris. Faktanya, Wirda Mansur pernah menempuh pendidikan di empat perguruan tinggi di berbagai negara. Di mana saja?

Dalam instagram story miliknya, Wirda mengklarifikasi bahwa isu terkait dirinya yang berkuliah di tiga tempat bukan hal yang benar. Faktanya, Wirda justru berkuliah di empat tempat sejak tahun 2017.

"Jadi sebenarnya bukan tiga, tapi empat shay. Jadi gue kayak, wah kalau mereka jadi tahu gue kuliah di 4 tempat, jadi gimana yang bener?," tutur putri Ustad Yusuf Mansur, dikutip Kamis 24 Februari 2022.

Lantas, bagaimana proses studi yang ditempuh oleh perempuan kelahiran tahun 2001 itu? Berikut runutannya yang berhasil VIVA rangkum berdasarkan penuturan Wirda Mansur.

2017 di Oxford

Rupanya di tahun 2017, Wirda menuturkan pernah menembus kampus favorit banyak orang yaitu Oxford. Di situ, Wirda menempuh pendidikan dengan jurusan International Baccalaureate namun tak diselesaikannya.

"2017 ambil International Baccalaureate di Oxford tapi nggak sampai selesai. Gue pulang ke Indonesia di situ, abis itu re-apply ke universitas lain di Raffles University," tuturnya.

Sarjana di 2017

Diakui Wirda, tahun 2017 ia sudah menyandang gelar sarjana atau S1. Meski begitu, ia tak jelaskan universitas tempatnya meraih gelar sarjana. Di tahun ini pula, ia menempuh pendidikan di Raffles University meski tak juga dirampungkannya.

"2017 sempat S1. Ini waktu itu lagi semester. Nggak lama, cuma sampai 3 semester, abis itu gue out," tuturnya.

 

2019 di dua universitas

Di tahun 2018, Wirda memutuskan untuk mengambil cuti atau Gap Year. Ia ingim rehay sejenak hingga akhirnya kembali aplikasikan pendidikan di University of Buckingham Inggris.

"Re-apply lagi di University of Buckingham atau UOB. Tuh jadwalnya, winter 2019. Gue ambil jurusan Bisnis Enterprise," imbuhnya.

Di tahun yang sama, Wirda menempuh pendidikan di Institute Darul Quran. Hal ini menegaskan bahwa Wirda mengambil double degree atau dua gelar sekaligus.

"Gue ambil double degree di institute Darul Quran sebagai kayak, ya bukan yang punya daqu juga, tapi gue ada di daqu, masa iya gue nggak kuliah di daqu. Kuliah di daqu lah. Ambil jurusan Islam. Jadi ambil dua tuh, di UK dan di daqu," tukasnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement