Kamis 24 Feb 2022 22:57 WIB

Pernah Sebut Cryptocurrency Tak Berharga, Kenapa Warren Buffett Investasi di Bank Kripto?

Investasi Warren Buffett diawasi oleh jutaan orang selama beberapa dekade.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Investor Warren Buffet
Investor Warren Buffet

Miliarder Warren Buffett telah lama investasinya diawasi oleh jutaan orang selama beberapa dekade. Ia pernah mengatakan bahwa mata uang digital berisiko dan tidak berharga. Buffett percaya uang digital adalah aset yang sangat spekulatif.

"Cryptocurrency pada dasarnya tidak memiliki nilai dan mereka tidak menghasilkan apa-apa. Mereka tidak mereproduksi, mereka tidak dapat mengirimkan cek kepada Anda, mereka tidak dapat melakukan apa-apa, dan apa yang Anda harapkan adalah bahwa orang lain datang dan membayar Anda lebih banyak. uang untuk mereka nanti, tetapi kemudian orang itu mendapat masalah. Dari segi nilai: nol," kata Buffett kepada CNBC pada Februari 2020. "Saya tidak memiliki bitcoin."

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Warren Buffett: Ngaku Kapok Investasi di Rusia, Lho Kenapa?

Melansir The Street di Jakarta, Kamis (24/2/22) dua tahun sebelumnya, dia sudah menyampaikan pidato tentang cryptocurrency yang terkenal.

"Ini [cryptocurrency] menarik banyak penipu. Ini adalah sesuatu di mana orang-orang yang berkarakter kurang baik melihat peluang untuk menjepret orang-orang yang mencoba menjadi kaya karena tetangga mereka menjadi kaya dengan membeli barang-barang ini yang tidak mereka pahami. Itu akan datang untuk akhir yang buruk", kata Buffett selama pertemuan pemegang saham Berkshire Hathaway pada tahun 2018.

Teman dan tangan kanannya Charlie Munger yang juga wakil ketua Berkshire Hathaway dari Warren Buffett menambahkan ejekan minggu lalu dengan menyatakan bahwa bitcoin seperti penyakit kelamin. Pada dasarnya, kedua investor ikonik tersebut bukanlah penggemar kripto.

Namun, Berkshire Hathaway baru saja mengungkapkan bahwa ia telah menginvestasikan lebih dari USD1 miliar (Rp14,2 triliun) di fintech Nubank Brasil yang diperdagangkan sebagai Nu Holdings dan dengan demikian memegang lebih dari 107,1 juta saham per 31 Desember, menurut dokumen 13F yang ditujukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

Perusahaan jasa keuangan adalah salah satu perusahaan yang sedang naik daun di Amerika Latin dengan kehadiran di Brasil, Meksiko, dan Kolombia.

Tetapi Nubank juga memiliki kekhasan penting yaitu berinvestasi dalam dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) melalui Easynvest, platform perdagangan yang dibeli pada September 2020 dan berganti nama menjadi “Easyinvest oleh Nubank.”

"Untuk berinvestasi dalam mata uang kripto oleh NuInvest, hanya melalui ETF (dana indeks), yang mereplikasi perilaku indeks yang didukung oleh aset digital ini. Atau dalam dana investasi yang menginvestasikan sebagian sumber dayanya dalam aset keuangan yang diterbitkan dan/atau diperdagangkan di luar negeri," kata Nubank dalam bahasa Portugis di situs webnya. 

Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil (CVM), menyetujui ETF cryptocurrency pada Maret 2021, yang pertama di Amerika Latin. Perusahaan di belakangnya adalah QR Capital, dan bitcoin-ETF yang dijuluki QBTC11 dikelola oleh QR Asset Management.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement