Kamis 24 Feb 2022 15:52 WIB

PKM PGPAUD Unisba: Membentengi Anak dengan Pendidikan Ala Rasulullah

Kegiatan ini bertujuan membantu para orang dan para guru PAUD terkait mendidik anak a

PG-PAUD Universitas Islam Bandung bekerja sama dengan kelurahan Husaien dan Himpaudi Kecamatan Cicendo, Kota Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema: Prophetic Parenting For Children Character Building.
Foto: Istimewa
PG-PAUD Universitas Islam Bandung bekerja sama dengan kelurahan Husaien dan Himpaudi Kecamatan Cicendo, Kota Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema: Prophetic Parenting For Children Character Building.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Civitas akademika PG-PAUD Universitas Islam Bandung bekerja sama dengan kelurahan Husaien dan Himpaudi Kecamatan Cicendo, Kota Bandung menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema: Prophetic Parenting For Children Character Building. Kegiatan ini bertujuan membantu para orang yang memiliki anak-anak usia dini dan para guru PAUD dalam menemukan pengetahuan baru dan keterampilan terkait mendidik anak ala Rasulullah. 

Ketua pelaksana PKM Dinar Nur Inten SPd MPd mengatakan, saat ini, kekerasan terhadap anak yang semakin merajalela. Bahkan, tingkat stress yang semakin meningkat di kalangan para orang tua juga terjadi dikarenakan harus memberikan pendidikan, pengasuhan dan perawatan secara langsung selama kegiatan pembelajaran berada di rumah.

"Dengan kegiatan ini, maka pendidikan di sekolah dan rumah dapat disampaikan berdasarkan konsep Rasulullah. Ini menarik, menyenangkan, dan mengantarkan anak menuju individu yang kuat akhlak dalam menapaki masa depannya," ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (24/2/2022). 

Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung dari tanggal 22 Februari 2022 sampai dengan 24 Februari 2022. Kegiatan dilaksanakan di kelurahan Husaen dan di TAAM Aisyah. 

Sebagai narasumber kegiatan PG-PAUD Unisba menurunkan 12 dosen terbaiknya untuk memberikan pemaparan materi sekaligus memberikan pelatihan terkait berbagai kegiatan parenting ala Rasulullah yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru PAUD. 

Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan terdiri dari para orang tua, kader PKK, para guru PAUD dan anak-anak PAUD yang berada di kecamatan Cicendo. Pada PKM ini pun PG-PAUD Unisba melibatkan sejumlah mahasiswanya dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa terkait dengan pendidikan dan pengasuhan anak usia dini.

Dinar mengatakan, rangkaian kegiatan terdiri dari tiga yaitu seminar dan workshop serta kaulinan qurani untuk anak usia dini. Pada hari pertama seminar dan workshop berkaitan dengan materi dasar terkait dengan pendidikan ala Rasulalloh yaitu: Karakter para pendidik sukses, Islamic Parenting di Era IT, Mengembangkan karakter Islami dan Mendidik anak dengan hati. 

Sedangkan di hari kedua dan ketiga  kegiatan seminar dan workshop beranjak pada materi parenting ala Rasulullah yang lebih bersifat khusus untuk pengembangan berbagai aspek perkembangan pada anak usia dini. Yaitu :  Menumbuhkan Aktivitas Ibadah di rumah, Membentuk jasmani dan kesehatan anak, Keterampilan Sosial Untuk Aud dalam Perspektif Islam dan Mengembangkan Resiliensi anak melalui Prophetic Parenting.

Hari ketiga kegiatan ditambah dengan kaulinan Qurani untuk anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan langsung oleh para mahasiswa PGPAUD dengan peserta sejumlah anak-anak PAUD. 

Kegiatannnya berupa pengasuhan dan pengajaran melalui berbagai kaulinan qurani  serta berbagai cerita qurani untuk anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan, mendekatkan dan menumbuhkan kecintaan anak-anak akan Alquran sekaligus mengajak anak-anak kembali ceria dan bergembira ditengah pandemic yang masih melaju tinggi. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement