Kamis 24 Feb 2022 13:30 WIB

Masjid di London Luncurkan Penggalangan Dana Guna Perbaikan Mendesak

Masjid di London Luncurkan Penggalangan Dana Guna Perbaikan Mendesak.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Masjid di London Luncurkan Penggalangan Dana Guna Perbaikan Mendesak. Foto:  Bangunan yang ingin dijadikan masjid di London.
Foto: istimewa/doc icc london
Masjid di London Luncurkan Penggalangan Dana Guna Perbaikan Mendesak. Foto: Bangunan yang ingin dijadikan masjid di London.

IHRAM.CO.ID,LONDON -- Sebuah masjid di London mengalami kerusakan akibat angin kencang, Badai Eunice. Estimasi biaya perbaikan mencapai 100.000 poundsterling, setara Rp 1,9 miliar.

Masjid Greengate Jamia berusaha mati-matian untuk mengumpulkan uang guna memperbaiki kerusakan yang di sepanjang akhir pekan, setelah salah satu menara mengalami kerusakan di bagian atap.

Baca Juga

Menara kedua, menara tipis yang dibangun di atas atau di dekat masjid yang sering digunakan untuk mengumandangkan adzan, juga mengalami kerusakan. Kondisinya saat ini terlihat tidak stabil dan perlu diperbaiki.

Kerusakan yang dialami masjid ini diunggah di media sosial mereka. Anggota masjid mengungkapkan pekerja konstruksi akan membongkar menara asli dengan aman, setelah kejadian pada 19 Februari lalu.

Dilansir di Manchester Evening News, Kamis (24/2), menara yang dibuar dari fiberglass itu menggantung 'sekitar 45 derajat', ketika polisi akhirnya memasang penjagaan di sekitar lokasi untuk memastikan kondisinya aman. Namun, sebelum pekerja tiba, menara itu menabrak atap ruang doa pada, menyebabkan air hujan membanjiri gedung dan merusak kubah gedung.

Upaya perbaikan atap dilakukan Keeseokan harinya. Tetapi kondisi cuaca buruk membuat mereka tidak dapat memperbaiki dengan aman, menambah kerusakan akibat air.

Sebuah unggahan di halaman Facebook masjid dibuat pada Senin (21/2). Mereka menulis, "Seperti yang akan Anda lihat, telah terjadi kerusakan badai yang signifikan di Masjid. Salah satu menara jatuh menimpa atap aula, sementara menara kedua tidak stabil dan kubahnya juga telah rusak, biaya untuk penggantian dan perbaikan kemungkinan lebih dari 100 ribu poundsterling".

Lebih lanjut, unggahan ini menyebut mereka telah merencanakan untuk bertemu dengan para ahli selama beberapa hari ke depan, sembari mencoba dan merencanakan perbaikan dan memperkirakan biaya.

"Banyak orang telah berjanji untuk berkontribusi terhadap biaya perbaikan, dan kami mengajukan permohonan sumbangan yang mendesak," lanjut mereka.

Hingga berita ini dibuat, halaman donasi Givebrite yang disiapkan untuk perbaikan masjid telah mengumpulkan 480 poundtserling. Donasi lain juga diterima transfer bank maupun secara langsung ke pihak masjid.

Jika masjid mampu mengumpulkan lebih banyak uang daripada yang dibutuhkan untuk biaya perbaikan, semua dana tambahan akan digunakan untuk Masjid.

Sekretaris masjid, Navaid Afzal, sebelumnya mengatakan dia merasa lega tidak ada yang terluka ketika menara itu jatuh. "Saya berdiri di sana mengobrol, dan tiba-tiba saya mendengar guntur ini, dan tabrakan besar," katanya.  

Sumber:

 

https://www.manchestereveningnews.co.uk/news/greater-manchester-news/mosque-launches-desperate-100000-fundraiser-23191671

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement