Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Universitas BSI Tasikmalaya Gelar Sharing Knowledge

Kamis 24 Feb 2022 08:29 WIB

Red: Hiru Muhammad

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya mengadakan sharing knowledge internal dengan mengusung tema “Workshop Sinkronasi dan Manajemen File di Cloud Storage Dengan Terminal Console”.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya mengadakan sharing knowledge internal dengan mengusung tema “Workshop Sinkronasi dan Manajemen File di Cloud Storage Dengan Terminal Console”.

Foto: istimewa
Sinkronisasi dan manajemen file hal yang sangat penting bagi pengguna ponsel

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya mengadakan sharing knowledge internal dengan mengusung tema “Workshop Sinkronasi dan Manajemen File di Cloud Storage Dengan Terminal Console”. 

Kegiatan dilaksanakan secara online meggunakan virtual zoom meeting, dengan menghadirkan peserta kegiatan dari para dosen dan mahasiswa, pada Senin (21/2/2022).

Baca Juga

Acara workshop ini  menghadirkan Bambang Kelana Simpony selaku narasumber, AI Ilah Warnilah, sebagai moderator dan kepala kampus Universitas BSI kampus Tasikmalaya Agung Baitul Hikmah. 

Bambang Kelana Simpony menjelaskan, sinkronisasi dan manajemen file merupakan hal yang sangat penting bagi para pengguna handphone maupun laptop. 

Di dalam laptop maupun handphone, biasanya terdapat banyak data-data penting yang sangat riskan apabila sampai hilang. Menurutnya, hilangnya data dari media penyimpanan di handphone maupun laptop dapat disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya human error, kerusakan hardware, virus, maupun malware. 

Untuk meminimalisir kehilangan data, perlu dilakukan backup data secara berkala terhadap data-data penting, agar data tersebut dapat tersimpan lebih aman. 

“Untuk menghindari hilangnya data digital yang bersifat penting, kita perlu melakukan backup secara berkala. Bisa dengan bantuan aplikasi, seperti Rclone salah satunya. Dengan Rclone ini, kita dapat menjadwalkan proses backup atau membuat scheduler backup sehingga proses backup file dapat lebih praktis dan Rclone ini juga lebih ringan,” jelas Bambang.

Sementara itu, Miftah, salah satu peserta workshop menjelaskan bahwa, dengan mengikuti kegiatan tersebut banyak hal dan pengetahuan yang didapatkan. 

Salah satunya terkait dengan backup data yang merupakan hal yang penting, serta alasan kenapa harus backup data.  “Adanya kegiatan ini, menambahkan pengetahuan kita betapa pentingnya backup data dan juga cara-cara serta pilihan mudah untuk backup data. Sehingga kita dapat dengan mudah melakukan backup data penting secara berkala,” ujar Miftah.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA