Rabu 23 Feb 2022 22:39 WIB

Kepatuhan Wisatawan Pakai Masker di Yogyakarta Rendah

Kepatuhan wisatawan luar daerah di Yogyakarta dalam memakai masker rendah.

Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta Noviar Rahmad menyebutkan, tingkat kepatuhan wisatawan luar daerah menggunakan masker di destinasi wisata masih rendah. Noviar saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu (23/2/2022), menuturkan kesimpulan itu berdasar pada pemantauan yang digencarkan personel Satpol PP DIY untuk menekan laju penularan COVID-19 varian Omicron.

"Pantauan kami pemakaian masker terutama wisatawan luar daerah sangat rendah sekali kepatuhannya," kata dia.

Baca Juga

Untuk menekan laju penularan Omicron, Satpol PP DIY menerjunkan 250 personel setiap hari untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan di berbagai lokasi. Ratusan personel Satpol PP yang dibagi empat giliran tugas itu antara lain memantau penerapan prokes di destinasi wisata bersama pegawai dinas pariwisata

"Kalau pengecekan aplikasi dan antigen dilakukan dinas pariwisata. kemudian yang satpol pp dari segi pemantauan di dalam objeknya," kata dia.

Berdasarkan hasil pengawasan periode 14 Februari hingga 22 Februari 2022, Satpol PP DIY mencatat sebanyak 100 pelanggaran. Pelanggaran itu terdiri atas penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat usaha, berkerumun, dan tidak menerapkan jaga jarak.

"Mereka kami panggil ke Kantor Satpol PP DIY untuk membuat surat pernyataan," kata Noviar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement