Rabu 23 Feb 2022 20:41 WIB

Selandia Baru Panggil Dubes Rusia Terkait Krisis Ukraina

Rusia didesak kembali ke negosiasi diplomatik atasi krisis Ukraina.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta (kiri ketiga).
Foto: EPA-EFE/BEN MCKAY
Menteri Luar Negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta (kiri ketiga).

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Pemerintah Selandia Baru memanggil Duta Besar Rusia Georgii Zuev untuk bertemu dengan pejabat tinggi diplomatik pada Rabu (23/2). Panggilan ini berkaitan untuk mendesak Rusia kembali ke negosiasi diplomatik atas krisis Ukraina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Nanaia Mahuta saat ini tengah berada di luar negeri. Namun dalam sebuah pernyataan ia menuturkan bahwa Zuev dipanggil untuk mendengar penentangan kuat Selandia Baru terhadap tindakan yang diambil oleh Rusia dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga

"Selandia Baru juga mengecam apa yang tampaknya menjadi awal dari tindakan invasi Rusia ke wilayah Ukraina," kata Mahuta.

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan mengkonfirmasi bahwa pertemuan itu telah terjadi. Namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Pada Senin (21/2), Putin mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk dan mengatakan akan mengerahkan pasukan di dua wilayah itu. Putin mengabaikan peringatan Barat bahwa langkah semacam itu ilegal dan dapat meruntuhkan negosiasi damai. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia merusak upaya perdamaian. Padahal negaranya menginginkan diplomasi sebagai jalan mengakhiri krisis.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement