Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Erick: Kolaborasi Kendaraan Listrik Wujud Komitmen BUMN Kembangkan EBT

Rabu 23 Feb 2022 19:59 WIB

Red: Gita Amanda

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo merupakan wujud komitmen BUMN untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT). (ilustrasi).

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo merupakan wujud komitmen BUMN untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT). (ilustrasi).

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kolaborasi diharapkan mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo merupakan wujud komitmen BUMN untuk pengembangan energi baru terbarukan (EBT).

"Kemarin, Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik diluncurkan Presiden Joko Widodo. Hal ini merupakan wujud komitmen dari BUMN untuk transisi energi dan pengembangan energi baru terbarukan," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga

Menteri BUMN berharap kolaborasi tersebut dapat mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik. "Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendukung percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat mengapresiasi langkah perusahaan-perusahaan dari hulu sampai hilir untuk memulai pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam rangka mencapai target nol emisi pada 2060. Ia berharap melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir tersebut dapat menjadikan Indonesia sebagai produsen kendaraan listrik.

PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik melalui skema kolaborasi yang inklusif untuk mewujudkan target nol emisi Indonesia pada 2060.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan telah berkolaborasi dengan Gojek, Electrum, Gesit, Gogoro, dan Perusahaan Baterai Indonesia (IBC) untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia. Nicke menjelaskan pengembangan ekosistem kendaraan listrik harus terintegrasi dalam satu rantai nilai, sehingga Pertamina berkomitmen untuk mendorong agar target-target yang ditetapkan pemerintah dapat tercapai.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA