Rabu 23 Feb 2022 18:59 WIB

UMKM NTB Siap Sambut MotoGP 2022

MotoGP Mandalika jadi momentum meningkatkan ekonomi bangsa, khususnya UMKM

Forum Digitalk
Foto: istimewa
Forum Digitalk

REPUBLIKA.CO.ID, MANDALIKA — Perhelatan MotoGP Mandalika 2022 menjadi momentum yang tepat bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Nusa Tenggara Barat (NTB) bangkit kembali dan juga memperoleh manfaat ekonomi.

“Mandalika sebagai sport tourism tidak hanya menguatkan prestise Indonesia tapi jadi momentum meningkatkan ekonomi bangsa, utamanya mendatangkan banyak wisatawan sehingga bisa memberikan spotlight bagi UMKM lokal,” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (23/2).

Septriana menyampaikan hal itu saat berbicara pada Forum Digitalk bertema “UMKM NTB Siap Sambut MotoGP 2022”. Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Dalam acara tersebut hadir juga Wakil Bupati Lombok Tengah, Dr. H. Nursiah. Ia mengatakan sebelum perhelatan MotoGP ini pihaknya sudah melakukan beberapa kegiatan kurasi berbagai macam produk UMKM Nusa Tenggara Barat, khususnya Kabupaten Lombok Tengah. Ia berharap dapat memanfaatkan Forum Digitalk UMKM Nusa Tenggara Barat sebagai kesempatan untuk menunjukkan capaian  tersebut.

“Masih ada waktu yang cukup untuk bisa kami tunjukkan dan hasilnya nanti akan menjadi bagian referensi kami, Lombok Tengah khususnya dan Nusa Tenggara Barat,” tutur Nursiah.

Hadir juga Ketua Dekranasda NTB, Niken Saptarini Widyawati yang optimis bahwa perhelatan MotoGP mendatang merupakan kesempatan dan bagian dari proses untuk memperbaiki diri, melakukan kurasi, dan peningkatan kualitas UMKM di NTB.

Niken juga mengatakan bahwa para UMKM di Nusa Tenggara Barat adalah UMKM-UMKM yang semangat untuk belajar dan semangat untuk bergabung dalam wadah-wadah dimana mereka bisa sama-sama sharing dan bergerak dalam konteks kewilayahan maupun dalam konteks organisasi untuk kemajuan dari anggota-anggotanya.

“Ini merupakan potensi-potensi yang kita semua banggakan di Nusa Tenggara Barat dan kita siap untuk meningkatkan koordinasi kerjasama dan kualitas agar di MotoGP kita benar-benar menjadi tuan rumah bagi para tamu di daerah kita sendiri”, kata Niken.

Sejalan dengan hal tersebut Indah Purwanti Ningsih, founder Lombok Womenpreneur Club juga mengatakan agar selalu dapat membaca perubahan perilaku konsumen. “Jadilah UMKM yang kreatif dan adaptif sehingga dapat berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menciptakan produk yang sesuai kebutuhan konsumen saat ini," kata Indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement