Rabu 23 Feb 2022 16:08 WIB

Disperindag Lebak Jamin Persediaan Pangan Jelang Ramadhan Cukup

Disperindag Lebak meyakini persediaan pangan menjelang Ramadhan melimpah.

Stok pangan (ilustrasi).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Stok pangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Banten, menjamin persediaan pangan menjelang Ramadhan 2022 relatif aman dan mencukupi. Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Lebak Dedi Setiawan di Lebak, Rabu (23/2/2022), mengatakan perkiraan tersebut berdasarkan pemantauan dan hasil monitoring di 11 pasar daerah sekitar Kabupaten Lebak. "Kami meyakini persediaan pangan menjelang Ramadhan melimpah," katanya.

Meski demikian, lanjut dia,pihaknya juga mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga karena tingginya permintaan. Untuk itu, pemerintah siap melakukan Operasi Pasar (OP) untuk stabilisasi harga bahan pangan apabila terjadi kenaikan di atas 10 persen dari harga normal.

Baca Juga

Selama ini, pendistribusian kebutuhan bahan pokok ke sejumlah pasar daerah sepertiPasar Binuangeun, Bayah, Sampay, Maja, Muncang, Citeras, Cipanas, Banjarsari dan Gunung Kencana berjalan lancar, meski curah hujan cukup tinggi. Saat ini, sebagian besar bahan pangan masih dipasok dari luar daerah, seperti komoditi sayuran, minyak goreng, terigu, gula pasir, ikan tawar dan ikan tangkap.

Pemerintah daerah dengan melibatkan Satgas Pangan juga Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga terus mengoptimalkan pengawasan ke sejumlah perusahaan pemasok sembako guna mengatasi aksi penimbunan. Selain itu, masyarakat diimbau tidak melakukan aksi borong yang bisa menimbulkan kelangkaan di pasaran hingga menimbulkan gejolak. "Kami juga meminta pedagang tidak menaikkan harga seenaknya menjelang Ramadhan 2022," katanya.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement