Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Skyfox official

Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Bisnis Tetap Lancar

Bisnis | Wednesday, 23 Feb 2022, 06:55 WIB
Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Bisnis Tetap Lancar

Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Bisnis Tetap Lancar – Mengatur keuangan sebuah usaha memang bukan perkara yang mudah, tidak jarang terjadi, uang yang harusnya digunakan untuk melakukan produksi ulang ataupun pembelian barang, malah digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perlu perencanaan serius agar uang tetap masuk dalam porsinya masing-masing.

Jika saat ini Anda sedang merasa kebingungan untuk mengatur keuangan Anda, berikut merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan agar bisnis tetap berjalan lancar dan kebutuhan pribadi tetap terpenuhi.

Pisahkan Rekening

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memisahkan rekening usaha serta rekening pribadi. Langkah ini akan membantu Anda untuk memisahkan mana uang yang seharusnya digunakan untuk mengelola usaha, dan mana uang yang digunakan untuk keperluan harian. Jika rekening masih bersatu, kemungkinan untuk salah mengambil uang untuk usaha besar terjadi.

Selain itu, Anda akan sulit mengetahui apakah usaha yang sedang Anda geluti sudah berkembang dengan baik. Cara mengatur keuangan usaha ini cukup efektif untuk dilakukan, dan akan memberikan dampak yang nyata pada penggunaan uang ke depannya.

Perhatikan Kas Keuangan

Ketika Anda melakukan pembukuan kas harian maupun bulanan, perhatikan dengan baik jumlah uang yang masuk dan keluar. Pengaturan arus keuangan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pelaku usaha. Dengan mengatur keuangan, diharapkan jumlah uang yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan uang hasil pendapatan usaha.

Dikutip dari :

Aplikasi Penghasil Uang

Apabila mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan jada administrator maupun penasehat keuangan. Dengan berkembangnya teknologi, bahkan sekarang Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi keuangan maupun akuntasi untuk mempermudah arus keuangan bisnis Anda.

Buat Anggaran Secara Rutin

Ketika stok barang sedang habis, maka Anda perlu segera menganggarkan dana untuk mengisinnya. Cara mengatur keuangan usaha dengan membuat anggaran secara rutin, akan membantu Anda untuk melakukan budgeting dan batasan dalam mengeluarkan dana. Penganggaran akan membuat rencana keuangan usaha lebih tertata.

Dengan membuat anggaran secara rutin, Anda dapat membatasi pengeluaran seminimal mungkin agar tidak membeli barang maupun stok yang dirasa tidak perlu, begitu pula dapat menentukan estimasi barang apa yang akan dibeli ke depannya. Lakukan secara rutin, agar keuangan bisnis Anda tetap lancar.

Kembangkan Usaha dengan Laba

Apabila Anda telah memiliki keuntungan dan laba yang stabil, jangan ragu untuk menggunakannya sebagai pengembangan bisnis, baik berupa pembukaan usaha baru, maupun mengembangkan bisnis yang sekarang Anda geluti menjadi kian besar. Menghabiskan uang hasil laba untuk kegiatan yang disukai memang cenderung menggoda, namun Anda harus bijak menahan hasrat tersebut dengan tidak menggunakan keseluruhan keuntungan dari bisnis Anda.

Mengembangkan usaha dengan laba yang telah di dapatkan merupakan salah satu cara mengatur keuangan usaha yang efektif untuk dilakukan. Selain menambah laba ke depannya, Anda bisa berkreasi dan mengembangkan bisnis baru sebagai investasi lain.

Buat Target Finansial

Anda bisa membuat target finasial untuk bisnis yang sedang Anda lakukan. Dengan membuat target, Anda bisa mengatur biaya yang diperlukan untuk mencapai target tersebut dengan jelas dan detail. Ketika membuat target finasial, tentunya Anda akan membuat perencanaan target pendapatan, anggaran pengeluaran bulanan, serta kepuasan pelanggan dan kinerja karyawan yang harus diperhatikan.

Langkah kecil ini akan membuat Anda bisa mengatur dan memproyeksikan dana dan laba yang sedang Anda miliki saat ini. Pengendalian bisnis bisa Anda lakukan sedini mungkin dengan membuat pengaturan perencanaan keuangan yang detail, tepat dan sistematis.

Pisahkan Akunting dari Kasir

Memilih karyawan yang jujur merupakan hal yang harus Anda lakukan ketika melakukan rekruitmen, terutama untuk ditempatkan di kasir. Memisahkan akunting dan penghitungan anggaran harus dilepaskan dari tanggungan karyawan kasir, sebab ada kemungkinan data di manipulasi untuk kepentingan pribadi. Banyak ditemukan kasus ketika lapiran yang ada tidak sesuai dengan uang yang ada di dalam kas.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan usaha agar bisnis yang sedang Anda kelola bisa berjalan dengan lancar. Keuangan merupakan aspek yang penting dalam usaha, sehingga mengaturnya secara cermat akan membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi bisnis Anda ke depannya. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image