Selasa 22 Feb 2022 20:30 WIB

Apakah Hubungan Anda dan Pasangan Sehat? Kenali Cirinya

Penting untuk mengenali seperti apa seharusnya hubungan yang sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Ciri-ciri hubungan yang sehat. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Ciri-ciri hubungan yang sehat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membina hubungan yang sehat adalah inti dari mengakhiri eksploitasi maupun kekerasan dalam sebuah ikatan. Karena itu, penting untuk memperhatikan lima tanda peringatan yang mungkin memerlukan kehati-hatian, dan lima indikator jalinan hubungan yang kuat.

Penting untuk mengenali seperti apa seharusnya hubungan yang sehat. Hal ini agar tidak hanya menghindari situasi berbahaya, tetapi juga untuk menghormati harga diri sendiri, seperti dilansir di laman Daily Hive, Selasa (22/2/2022):

Baca Juga

1. Hormat

Saling menghormati, tentu saja sangat penting. Mudah tersulut dalam emosi yang saling bertentangan, menjadikan suatu hubungan tidak bersifat murni. Untuk hubungan yang sehat, rasa hormat diperlukan untuk semua pihak, dan untuk batasan apa pun yang mungkin ditetapkan seseorang.

2. Persetujuan

Persetujuan diperlukan agar seseorang aman dalam suatu hubungan. Untuk pasangan yang mengharapkan sesuatu dari satu sama lain, harus ada persetujuan bersama. Persetujuan tidak boleh dipaksakan, atau diabaikan.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah kuncinya. Dalam suatu hubungan, semua orang harus memiliki kebebasan untuk secara terbuka mendiskusikan pikiran, ide, dan perasaan mereka serta merasa aman dalam melakukannya. Fleksibilitas untuk berubah pikiran saat diinginkan, serta kemampuan untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang positif, adalah suatu keharusan untuk setiap hubungan yang sehat.

4. Dukungan

Dukungan pada akhirnya menentukan hubungan yang sehat. Tidak seorang pun boleh diremehkan atau dimanfaatkan. Semua pihak harus merasa didukung tanpa syarat.

5. Kebebasan

Keindahan hubungan yang sehat adalah kebebasan. Anda harus merasakan dukungan dari pasangan Anda tanpa ikatan kontrol apa pun. Semua harus memiliki kebebasan untuk menjadi diri mereka sendiri, untuk memiliki minat dan teman mereka sendiri, dan untuk membuat pilihan mereka sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement