Selasa 22 Feb 2022 16:48 WIB

Guntur Soekarnoputra Dukung Dokter Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Dokter Soeharto memang sosok penting bagi Presiden pertama RI Soekarno.

 Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra
Foto: istimewa
Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra mendukung usulan dokter pribadi Presiden Soekarno dan Wakil Presieden Mohammad Hatta, Dr.dr. Soeharto, diberi gelar sebagai pahlawan nasional. 

Hal tersebut disampaikannya dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional yang diadakan secara hybrid. Dalam acara tersebut, turut hadir Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, Direktur Kemensos bidang Kepahlawanan, Keperintisan, kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Murhardjani, Guru besar dan mantan Dekan FEUI Prf. Drs. Dorodjatun Kuntjorojakti, Guru besar Ilmu Sejarah UGM Prof. Dr. Djoko Suryo, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Baca Juga

"Bahwa saya sangat setuju sekali bahwa dokter Soeharto dijadikan pahlawan nasional dan saya mendukung penuh," kata Guntur secara daring, dalam keterangan persnya, Selasa (22/2/2022). 

Kakak dari Megawati Soekarnoputri itu pun menceritakan bagaimana dokter Soeharto memang sosok penting bagi Presiden pertama RI Soekarno.  "Bahwa dokter Soeharto itu seorang yang berani pasang badan untuk keselamatan Bung Karno," ungkap Guntur. 

Dia menceritakan, saat Belanda datang lagi dengan memboceng Sekutu, Soekarno adalah orang yang paling dicari dan akan dibunuh. Sehingga, harus melakukan penyamaran dan berpindah-pindah tempat. 

"Salah satu tempat yang paling aman buat Bung Karno adalah di kediamannya dokter Soeharto di Jalan Kramat Raya yang sekarang menjadi apotek. Di sana Bung Karno menginap malam-malam dari kejaran NICA," kata Guntur. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement