Selasa 22 Feb 2022 16:31 WIB

Barito tak Mau Anggap Remeh Persija

Barito Putera punya catatan positif dengan tiga kemenangan beruntung

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan berharap pemainnya punya motivasi lebih tinggi saat menghadapi Persija Jakarta pada laga lanjutan pekan ke-27 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Rabu (23/2/2022).

Barito Putera punya catatan positif dengan tiga kemenangan beruntung menjelang laga tersebut. Rahmad mengatakan persiapan tim untuk menghadapi Persija sudah dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

"Kita melakukan program recovery dan persiapan game plan lawan mereka," kata Rahmad dalam konferensi pers virtual jelang pertandingan, Selasa (22/2/2022).

"Kita tahu Persija tim yang punya individu bagus di setiap lini, punya kekuatan tim yang sangat baik, jadi pendekatan kita harus lebih fokus lagi melawan tim ini jadi saya berharap apa yang sudah kita berikan betul-betul dijalankan dengan disiplin dan konsentrasi penuh oleh pemain," katanya.

Selain itu, dia juga memberikan ruang improvisasi agar Bruno Matos dkk bermain dinamis selama pertandingan. Ia yakin para pemainnya sudah mempersiapkan diri dengan baik. Terlebih Laskar Antasari ingin menjaga tren positif mereka saat menghadapi klub ternama seperti Persija.

"Kita harus lebih termotivasi lagi agar jangan sampai kalah melawan tim yang sudah punya nama," katanya.

Dia berharap para pemainnya tidak terlena dengan capaian tim dalam tiga pertandingan terakhir dengan kemenangan beruntun melawan PSIS Semarang, Persipura Jayapura, dan Persela Lamongan. Total ada sembilan gol yang dikemas oleh Barito di tiga laga terakhir.

"Menurut saya hasil kemarin patut diapresiasi tapi juga bukan berarti membuat kita lupa dengan tugas besar di depan karena menurut saya yg terpenting sekarang fokus hadapi Persija tanpa lihat ke belakang lagi karena jika lengah kita akan mendapat kesulitan," katanya.

"Saya tidak ingin pemain terlena. Malahan saya ingin mereka lebih baik lagi lebih disiplin lagi," tambah Rahmad.

Mantan pelatih Timnas U-23 Indonesia itu mengatakan pemain Barito secara keseluruhan siap untuk diturunkan kecuali Luthfi Kamal dan Nazar Nurzaidin yang masih harus dilihat perkembangan cederanya hingga persiapan terakhir. 

"Sejauh ini dilihat dari akumulasi kartu tidak ada (pemain yang absen), Luthfi Kamal dan Nazar Nurzaidin sudah mulai berlatih, kalau besok yg bersangkutan siap dan tidak merasakan nyeri lagi maka akan kita masukan di line up," katanya.

Di sisi lain, Rahmad tidak setuju dengan anggapan bahwa Persija sedang dalam performa yang buruk. Menurutnya, dari hasil pengamatan dalam beberapa pertandingan Persija, tim Ibu Kota selalu bisa tampil baik meskipun mendapat hasil yang kurang memuaskan.

"Saya tidak setuju jika Persija disebut  mengalami penurunan performa, karena yang saya lihat Persija adalah tim yang konsisten selama 90 menit tidak menurunkan ritme, buktinya ketika tertinggal 1-3 lawan Persebaya mereka bisa mencetak dua gol di enam menit terakhir," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement