Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Erick Thohir: BUMN Siap Dukung Presidensi Indonesia dalam KTT G20

Selasa 22 Feb 2022 14:16 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan kesiapan mendukung Presidensi G20. Ilustrasi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan kesiapan mendukung Presidensi G20. Ilustrasi.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kesiapan mendukung Presidensi G20

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kesiapan Kementerian BUMN dan seluruh BUMN untuk mendukung rangkaian acara dan agenda Presidensi Indonesia di G20.

"Untuk itu Kementerian BUMN dan ekosistem BUMN siap menyukseskan Presidensi Indonesia di G20. Berkolaborasi dan bergerak dengan seluruh daya serta upaya dari hulu ke hilir," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram @kementerianbumn di Jakarta, Selasa (22/22022).

Baca Juga

Dia menambahkan bahwa dukungan tersebut meliputi mulai dari infrastruktur, telekomunikasi, energi, hingga transportasi. Presidensi Indonesia di G20 merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia sekaligus bukti kepercayaan dunia bahwa Indonesia bisa memimpin sebuah forum yang memecahkan isu dan tantangan besar di dunia sekaligus menunjukkan jati diri Indonesia sebagai bangsa yang besar.

Terdapat tiga prioritas utama dalam KTT G20 di Indonesia yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi yang berkelanjutan. Erick juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan perhelatan KTT G20 Indonesia tahun ini. "Ayo bersama-sama menjadi energi kesuksesan Presidensi Indonesia di G20. Recover Together, Recover Stronger," kata Erick.

Sebelumnya Direktur Pembangunan, Ekonomi dan Lingkungan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Hari Prabowo mengatakan Presidensi Indonesia di G20 mendorong ekonomi dunia terbuka, adil, dan saling menguntungkan untuk pulih dan maju bersama dari terpaan pandemi Covid-19. Hari menuturkan Presidensi G20 mengambil tema Recover Together, Recover Stronger yang berfokus pada pemulihan kondisi ekonomi setelah diterpa pandemi Covid-19.

Pemulihan yang diinginkan adalah pemulihan yang memungkinkan semua negara untuk pulih dan maju bersama. Menurut dia, kondisi pandemi Covid-19 saat ini harus dijadikan momen langka untuk transformasi dunia menjadi lebih baik. Presidensi Indonesia akan menyediakan platform terobosan dalam upaya transformasi di berbagai bidang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA