Selasa 22 Feb 2022 12:42 WIB

Instagram Tingkatkan Limit Waktu Penggunaan Aplikasi

Batas waktu harian minimum menjadi 30 menit.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: EPA
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa tahun terakhir, Instagram dan Facebook menawarkan cara untuk mengetahui berapa lama pengguna menggunakan aplikasi dan opsi untuk menetapkan batas waktu penggunaan harian. Sekarang, Instagram telah meningkatkan pengaturan batas waktu harian minimum menjadi 30 menit, naik dari 10 atau 15 menit.

Seorang pengguna Instagram mengatakan aplikasi tersebut meminta mereka untuk menetapkan nilai baru untuk batas waktu harian mereka meskipun mereka dapat mempertahankan pengaturan yang ada.

Baca Juga

“Nilai yang tersedia untuk batas waktu harian berubah sebagai bagian dari pembaruan aplikasi,” bunyi pesan pop-up.

Sementara itu, pengaturan di aplikasi Facebook lebih terperinci. Pengguna dapat memilih batas waktu dengan penambahan lima menit. Ketika pengguna mencapai batas waktu yang mereka pilih, pemberitahuan muncul.

Pada saat meluncurkan fitur tersebut, Meta mengatakan idenya untuk memberi orang lebih banyak kontrol atas lamanya waktu yang mereka habiskan di aplikasinya dan mendorong percakapan antara orang tua dan remaja tentang kebiasaan daring yang sehat.

Dikutip Engadget, Selasa (22/2), pada bulan November, Instagram mulai menguji fitur Take a break untuk mengingatkan pengguna, terutama remaja agar sering meletakkan ponsel mereka. Tidak jelas mengapa Instagram tampaknya telah meningkatkan batas waktu minimum harian.

Namun, pemilihan waktu menarik mengingat pengguna aktif harian Facebook turun untuk pertama kalinya pada kuartal terakhir sementara pertumbuhan pengguna di seluruh aplikasi Meta, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp tetap hampir datar.

Meta berharap pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat tahun ini karena lebih banyak persaingan untuk waktu orang dan pengguna lebih memperhatikan fitur yang menghasilkan lebih sedikit pendapatan, seperti Reels. Meningkatkan batas waktu dan membuat pengguna menggulir Instagram dan melihat iklan lebih lama, bisa menjadi salah satu cara untuk mengimbangi masalah pendapatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement