Selasa 22 Feb 2022 06:10 WIB

Matt Reeves: The Batman Terinspirasi dari Film Era 1970-an

Matt Reeves merupakan sutradara The Batman.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara Matt Reeves mengungkapkan ada sejumlah film 1970-an yang menginspirasinya dalam menggarap The Batman.
Foto: EPA
Sutradara Matt Reeves mengungkapkan ada sejumlah film 1970-an yang menginspirasinya dalam menggarap The Batman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Matt Reeves menyampaikan sumber inspirasinya dalam mengembangkan film The Batman. Reeves yang menulis skenario film bersama Peter Craig itu mengaku terinspirasi dari sejumlah sinema lawas di era 1970-an.

Reeves menyebutkan beberapa judul sinema yang nuansa sinematiknya diadopsi untuk The Batman. Ada sinema slasher rilisan 1978, Halloween, serta film bergenre drama, Taxi Driver, yang tayang pada 1976.

Baca Juga

Reeves mengibaratkan relasi Batman dengan tokoh James Gordon dari Departemen Kepolisian Gotham City di film mendatang mirip dengan Carl Bernstein dan Bob Woodward. Bernstein dan Woodward merupakan tokoh di drama misteri All The President's Men (1976).

"Maksud saya, semua korupsi yang ada dan bagaimana mereka menanganinya," ujar sutradara berusia 55 tahun tersebut pada konferensi pers virtual global, Jumat (18/2/2022).

Reeves mengatakan, ada banyak sinema era 1970-an yang sejak awal kariernya membuat dia terinspirasi membuat film. Untuk The Batman, inspirasi juga bersumber dari buku komik Year One (1987) serta novel grafis Ego (2000) dari Darwyn Cooke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement