Senin 21 Feb 2022 22:53 WIB

Isra Miraj Rasulullah SAW Bukan Mimpi dan Khayalan, Ini Penjelasan Buya Hamka

Isra Miraj merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Isra Miraj Rasulullah SAW. Isra Miraj merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT
Foto: republika
Isra Miraj Rasulullah SAW. Isra Miraj merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, Peristiwa Isra dan Miraj merupakan bentuk dari kuasa Allah SWT untuk memperlihatkan ayat-ayat-Nya kepada Rasulullah Muhammad SAW. 

Ayat mahapenting sekali di antara banyak ayat itu ialah mirajnya ke langit itu. Allah SWT berfirman dalam surat Al Isra ayat 1: 

Baca Juga

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

"Mahasuci Dia, yang telah memperjalankan hambanya di malam hari dari Masjiidil Haram ke Masjidil Aqsa yang kami berkati sekelilingnya, karena hendak Kami perlihatkan kepadanya tanda-tanda Kami. Sesungguhnya Dia adalah Mahamendengar, Mahamelihat." (QS Al Isra ayat 1)

Buya Hamka dalam tafsir Al-Azhar, mengatakan Dia adalah Mahamendengar dan Mahamelihat akan seluruh alam yang telah dijadikan-Nya.

Pendengaran dan penglihatNya itu meliputi bagi semuanya. Apabila direnungkan bunyi ayat ini lebih dalam, dengan penuh iman akan kekuasaan Tuhan, tidak akan ragu lagi bahwa yang dimaksud dengan hamba-Nya itu ialah diri Muhammad SAW yang hidup, yang terdiri daripada tubuh dan nyawa. 

Sebab itu maka dia Isra dan Miraj pastilah dengan tubuh dan nyawa. Bukan mimpi dan bukan khayalan. Apalagi kemudian beliau sendiri menjelaskan pula dengan buah tuturnya (hadits) apa yang beliau alami itu. 

Hadits-hadits yang sahih dari kitab-kitab sunnah menerangkan bahwa kejadian itu ialah pada malam 27 Rajab, tahun ke-11 daripada kerasulan beliau. 

Beliau sedang tidur di rumah Ummi Hani' binti Abu Thalib, salah seorang muminat dari keluarga beliau. Beliau sembahyang dahulu di waktu Isya setelah itu beliau tidur. 

Setelah hari Subuh beliau ceritakan kepada Ummi Hani’  bahwa tadi malam beliau diperjalankan dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis. Maka berkatalah Ummi Hani', “Wahai Nabi Allah! Janganlah engkau ceriterakan hal ini kepada orang, nanti engkau didustakannya dan disakitinya.” Beliau menjawab, “Demi Allah! Mesti aku ceritakan."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement