Selasa 22 Feb 2022 04:15 WIB

6 Cara Efektif untuk Memaksimalkan Nutrisi dalam Tubuh

Cara efektif ini untuk memaksimalkan nutrisi dalam tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Kebutuhan nutrisi untuk kesehatan (ilustrasi)
Foto: shutterstock
Kebutuhan nutrisi untuk kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Nutrisi dan kesehatan berjalan beriringan. Bagaimanapun, itu adalah makanan yang mengisi setiap sel dalam tubuh dan membantu membangun stamina dan kekuatan otot. Dengan demikian, mengoptimalkan pola makan seseorang untuk memaksimalkan kesehatan dapat dicapai.

Dilansir dari indian express pada Senin (21/2/2022), terdapat beberapa cara mudah untuk meningkatkan nutrisi Anda ke dalam tubuh. Berikut enam cara efektifnya yaitu :

1. Biasakan Sarapan

Sarapan adalah kesempatan Anda untuk mengisi bahan bakar dan memulai hari Anda dengan kuat. Namun, itu juga makanan yang paling umum untuk dilewatkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan yang baik sangat bermanfaat bagi tubuh Anda serta kesehatan jantung.

Makan makanan yang lengkap di pagi hari membantu mengisi kembali nutrisi yang telah digunakan saat tidur dan menjadi penambah energi Anda untuk memulai hari. Sereal, telur, susu, biji-bijian, buah-buahan atau kacang-kacangan adalah pilihan untuk sarapan sehat.

2. Pilih Makanan yang Padat Nutrisi

Memilih makanan banyak nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak atau bebas lemak adalah cara yang baik untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda.

Makanan kaya protein seperti telur, keju cottage, kacang-kacangan, lentil dan almond adalah pilihan bagus lainnya dengan nutrisi yang mendukung kebutuhan energi dan nutrisi. Kuncinya adalah memilih berbagai makanan padat nutrisi di semua kelompok makanan.

Mengembangkan pola makan yang sehat tidak hanya memberi Anda energi tetapi juga dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

3. Buat Pilihan Makanan yang Cerdas

Zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral berperan penting dalam memperkuat tubuh dari dalam. Ketika Anda mengikuti diet seimbang, yang mencakup asupan semua hal di atas dalam kisaran optimal, itu menurunkan risiko kekurangan nutrisi dan penyakit kronis terkait, seiring bertambahnya usia. Diet seimbang adalah salah satu yang memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan benar.

 

4. Minum Air Putih

Air membentuk 60 persen dari tubuh manusia, jadi jangan biarkan level Anda menjadi rendah. Kehilangan hanya 1 persen hingga 2 persen cairan tubuh Anda dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan kognisi.

Cara termudah untuk tetap di atas hidrasi Anda. Minum air secara teratur. Fokus untuk mendapatkan sebagian besar asupan cairan Anda dari air, tetapi untuk variasi nikmati teh atau susu rendah gula.

Cara mudah untuk mengukur status hidrasi adalah dengan melihat warna urin semakin gelap warna urin semakin besar kemungkinan seseorang mengalami dehidrasi.

5. Batasi Asupan Kafein  

Bukan rahasia lagi bahwa kafein dapat membuat Anda merasa lebih energik. Tetapi dalam pencarian Anda untuk sarapan pagi, penting juga untuk memikirkan nutrisi lain yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

Banyak minuman kopi manis dan beraroma dikemas dengan gula, kalori, dan lemak tetapi minum kopi hitam bukanlah satu-satunya pilihan. Beberapa minuman kopi berbasis susu mengandung sedikit atau tanpa lemak dan tanpa tambahan gula. Misalnya, latte tanpa lemak biasa menyajikan kafein bersama beberapa protein, kalsium dan vitamin D.

6. Makan Secukupnya

Sesederhana kedengarannya, menggunakan isyarat lapar tubuh Anda sendiri dapat menghabiskan banyak energi Anda. Lagipula, pengisian bahan bakar yang kurang dan berlebihan dapat menyebabkan penurunan energi.

Pada skala 0 sampai 10 (di mana 0 adalah lapar seperti yang Anda bayangkan dan 10 sangat menyakitkan), cobalah untuk mulai makan sekitar 4 dan berhenti makan sekitar 6. Ini dapat membantu menyebarkan asupan nutrisi Anda sepanjang hari untuk menjaga  tingkat energi Anda lebih stabil.

Tiga kali makan dalam sehari akan membantu Anda bertenaga bersama dengan satu hingga dua camilan per hari. Sebaiknya simpan camilan yang nyaman dan kaya nutrisi seperti kacang-kacangan dan buah-buahan di dekat Anda saat rasa lapar menyerang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement