Selasa 22 Feb 2022 00:14 WIB

Komunitas Muslim Kanada Buat Program Pembiayaan Rumah Syariah

Komunitas Muslim Kanada membuat program pembiayaan rumah syariah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto: muslimcanada.org
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.

REPUBLIKA.CO.ID, ALBERTA -- Kelompok pembiayaan di Alberta, Canadian Halal Financial Corporation, membantu para Muslim dalam membeli rumah yang sesuai dengan tuntunan Islam. Hal ini berkaitan dengan haramnya riba dalam Islam yang membuat beberapa warga Kanada memiliki keterbatasan dalam mengakses perbankan.

Dalam kondisi demikian, banyak orang yang tinggal di rumah sewaan sambil mencoba menabung agar bisa membeli rumah secara langsung. Untuk itu, Canadian Halal Financial Corporation (CHFC), yang berbasis di Edmonton, membantu mereka agar bisa memiliki rumah sesuai dengan prinsip syariah.

Baca Juga

Posisi CHFC yaitu sebagai mitra dalam pembelian rumah sambil membebankan biaya untuk mempertahankan profitabilitas. "Memiliki kemampuan untuk menunaikan keimanan dan juga berinvestasi dalam rumah untuk keluarga adalah hal yang luar biasa," kata Blanca Lima, yang bertugas menangani pengajuan pembelian rumah dari Muslim sebagai bagian dari pemantauan program Masjid Al Rashid.

Dia berharap suatu hari dapat mengakses program itu sendiri. "Insya Allah kedepannya saya akan senang sekali menggunakan layanan ini untuk saya dan keluarga," tambahnya, seperti dilansir laman CBC, Senin (21/2/2022).

Imam Mahmoud Omar dari Masjid Al Rashid, mengatakan, pengaturan dibuat dengan berkonsultasi dengan para sarjana dan pengacara untuk memastikan kepatuhan terhadap praktik Islam dan hukum Kanada. "Semua orang bekerja selama dua tahun terakhir sepanjang waktu untuk akhirnya membawa produk yang sesuai dengan Islam dan pada saat yang sama melindungi investor dan klien Muslim kami," tutur dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement